Jemaah Calon Haji Embarkasi Surabaya Ikut Upacara HUT RI

Amaluddin    •    Kamis, 17 Aug 2017 18:35 WIB
hut kemerdekaanhaji 2017
Jemaah Calon Haji Embarkasi Surabaya Ikut Upacara HUT RI
Upacara HUT ke-72 Republik Indonesia Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jawa Timur -- MTVN/Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Jemaah calon haji Embarkasi Surabaya mengikuti upacara HUT ke-72 Republik Indonesia di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. Ini pertama kalinya Asrama Haji Embarkasi Surabaya AHES menggelar upacara kemerdekaan dengan peserta upacara para jemaah calon haji.

Pantauan Metrotvnews.com, jemaah calon haji berbaris rapi seperti upacara pada umumnya. Mereka mengenakan baju batik haji, dengan pita merah putih dililitkan di atas kepala.

Salah satu calon haji bertugas menjadi pemimpin upacara. Sedangkan, inspektur upacara adalah Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf.

Siti Rohimah, 53, calon haji kelompok terbang (kloter) 64, mengaku, ini kali pertama baginya mengikuti upacara 17 Agustus. "Alhamdulillah senang. Ini pertama kalinya saya ikut upacara setelah lulus sekolah," kata perempuan asal Pamekasan itu.

Pengalaman serupa juga dirasakan Rasidi Kurnia Efendi, 42. Anggota kloter 61 asal Pamekasan, Madura, ini juga mengaku belum pernah mengikuti upacara bendera. Ia merasa beruntung bisa mendapat kesempatan mengikuti upacara peringatan HUT RI di asrama haji.

"Ketika diajak untuk ikut upacara, saya langsung mengiyakannya dan tidak keberatan. Baru kali ini saya ikut upacara, apalagi upacara bersama pak Wagub," ucapnya.

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengatakan, jemaah calon haji yang menginginkan ada upacara. Kemudian, teman-teman dari asrama memfasilitasi.

"Saya titip pada jemaah agar mendoakan Indonesia aman dan sejahtera. Saya juga keserempet kemulyaan para jemaah," tuturnya.


(NIN)