BI Imbau Masyarakat Waspada Antrean di Mesin ATM

Daviq Umar Al Faruq    •    Senin, 26 Mar 2018 11:24 WIB
kasus pembobolan danaSkimming
BI Imbau Masyarakat Waspada Antrean di Mesin ATM
Polres Malang Kota melakukan pemeriksaan di sejumlah titik mesin ATM di Kota Malang untuk mencegah terjadinya skimming, Senin, 26 Maret 2018. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Malang: Bank Indonesia Malang mengimbau masyarakat berhati-hati saat menggunakan mesin ATM. Masyarakat pun diimbau untuk waspada ke orang yang sedang antre di belakang mesin ATM.

Asisten Manajer Pengawasan Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Malang, Putri Sofia, berpesan agar masyarakat tidak panik bila kartu ATM tertelan di mesin.

"Bila mesin ATM bermasalah atau kartu tertelan, telepon ke nomor yang tertera di mesin. Jangan langsung menghubungi orang yang antre di belakang mesin ATM. Apalagi bila orang tersebut tidak memakai atribut bank atau security," katanya, Senin, 26 Maret 2018.

Masyarakat disarankan memeriksa mesin ATM terlebih dahulu sebelum menggunakan. Salah satunya keberadaan CCTV. Sebab, salah satu fasilitas keamanan tersebut merupakan bentuk mitigasi dari konsumen.

"Cek juga apakah ada kamera di tempat tombol pin. Bila memang sudah dipastikan tidak ada maka aman. Selain itu jangan beritahukan pin kita kepada siapa pun jika memang ada orang yang mencurigakan," terangnya.

Untuk menghindari skimming, BI akan mengawasi secara intensif setiap mesin ATM di Kota Malang. BI akan bekerja sama dengan kepolisian dan bank untuk pengawasan.

BI bersama Polres Malang Kota telah memeriksa sejumlah mesin ATM di beberap titik Kota Malang, Senin, 26 Maret 2018. Ada tiga tempat yang diperiksa, yakni mesin ATM di SPBU Jalan Soekarno Hatta, mesin ATM di Carefour Blimbing dan mesin ATM di SPBU Jalan Ciliwung.

Dari hasil pemeriksaan tersebut diketahui masih ada beberapa mesin ATM yang tingkat keamanannya kurang. Salah satunya karena tidak terpasang CCTV. Pihak bank diimbau dapat lebih mengamankan mesin ATM nya, terutama yang berlokasi di kawasan sepi.


(SUR)