Pekan Ini, DPP PDIP Deklarasi Cagub-Cawagub Pilgub Jatim

Amaluddin    •    Minggu, 08 Oct 2017 01:40 WIB
pilgub jatim 2018
Pekan Ini, DPP PDIP Deklarasi Cagub-Cawagub Pilgub Jatim
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: DPP PDIP akan menggelar deklarasi cakon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) di Pilgub Jawa Timur 2018 di kantor DPP PDIP, Jakarta, Minggu, 15 Oktober 2017. Kepastian ini tertuang dalam surat berkop DPP PDIP dengan nomor 3338/IN/DPP/x/2017 bertanggal 6 oktober 2017, ditujukan kepada DPD serta DPC PDIP Se-Jatim.

Dikonfirmasi perihal tersebut, Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari, membenarkan bahwa partainya akan mendeklarasikan cagub/cawagub Jatim di Jakarta pekan depan. "Iya benar," jawab Untari, kepada Metrotvnews.com, Sabtu malam, 7 Oktober 2017.

Namun, Untari masih merahasiakan siapa kandidat cagub/cawagub yang bakal mendapat rekomendasi dari partainya saat deklarasi nanti. Ia hanya memastikan bahwa surat yang ditanda tangani oleh Ketua DPP PDIP Bambang DH dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto benar adanya.


(Foto: Istimewa)

Ada sejumlah nama kandidat mencuat digadang-gadang bakal diusung PDIP. Di antaranya adalah pasangan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul (kini Wakil Gubernur Jatim)-Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), Gus Ipul-Tri Rismaharini alias Risma (Wali Kota Surabaya), Tri Rismaharini-Abdullah Azwar Anas dan Djarot Saiful Hidayat-Abdullah Azwar Anas.

Namun sebelumnya, Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari dan Wasekjen DPP PDIP Achmad Basarah juga hampir memastikan bahwa Gus Ipul yang akan diusung sebagai cagub di Pilgub Jatim 2018 mendatang.

"Sudah 90 persen, PDIP usung Gus Ipul bersama PKB. Sisanya 10 persen adalah masih menentukan cawagubnya," kata Untari kala itu.

Senada juga disampaikan Wasekjen PDIP, Achmad Basarah, menyebut partainya bakal mendukung dan mengusung Gus Ipul di Pilgub Jatim. Ada sejumlah nama kandidat berpeluang dipasangkan dengan Gus Ipul. Mereka adalah Azwar Anas, Budi 'Kanang' Sulistyono, Kusnadi.

"Nanti, kaum Marhaen dan Nahdliyyin akan bersatu di Jatim memenangkan pilgub 2018," kata Basarah saat di Surabaya beberapa waktu lalu.



(LDS)