Demokrat Siapkan Tiga Kadis Sebagai Cawagub Pilgub Jatim

Amaluddin    •    Kamis, 05 Oct 2017 17:07 WIB
pilgub jatim 2018
Demokrat Siapkan Tiga Kadis Sebagai Cawagub Pilgub Jatim
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: DPP Partai Demokrat sepertinya belum tertarik dengan dua tokoh yang mendaftar sebagai kandidat calon wakil gubernur (cawagub) Pilgub Jawa Timur 2018, yakni mantan Sekretaris Militer Kepresidenan Kombes Pol Syafiin dan Kepala Inspektorat Jatim Nurwiyatno. Pasalnya, DPP Demokrat meminta DPD untuk mencari tiga tokoh birokrat yang layak menjadi cawagub.

"Kami diminta DPP untuk menyerahkan nama tambahan. Ada tiga tokoh baru," kata Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio, di Surabaya, Kamis, 5 Oktober 2017.

Ketiganya, lanjut Renville, merupakan birokrat di Pemprov Jatim. Yakni Kadis Perikanan Jatim Heru Tjahyono, Kadiknas Jatim Saiful Rahman, dan Dirut RS Soetomo sekaligus mantan Kadis Kesehatan Jatim Harsono. 

"Ketiganya dipilih karena masuk dalam bursa survei internal Demokrat. Maka itu nama ketiga birokrat itu kami kirim ke DPP," ujarnya.

Lantas bagaimana dengan dua nama tokoh yang telah mendaftar sebagai kandidat Pilgub Jatim melalui DPD Partai Demokrat?. Renville mengaku DPD tidak bisa berbuat apa-apa. "Karena memang kewenangannya ada di DPP, karena itu kami serahkan sepenuhnya ke partai sebagai cagub atau sebagai cawagub," katanya.

Sementara itu, Kadiknas Jatim Saiful Rahman mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada partai yang merekomendasikan dirinya sebagai cawagub Jatim. “Saya berterima kasih dan siap jika benar-benar dipercaya untuk posisi tersebut,” ujar mantan kepala sekolah ini singkat.


(ALB)