Bantuan Korban Puting Beliung Sumenep segera Cair

Rahmatullah    •    Rabu, 29 Nov 2017 17:13 WIB
puting beliung
Bantuan Korban Puting Beliung Sumenep segera Cair
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Sumenep: Bantuan untuk 100 orang korban puting beliung di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, segera cair dari pemerintah setempat. Proses pencairan diperkirakan akan memakan waktu 8-10 hari.

Saat ini Pemkan Sumenep tengah mengurus administrasi pencairan. Nama calon penerima segera diajukan ke bupati untuk diteken.

"Mungkin satu dua hari ini (nama-nama calon penerima bantuan) sudah ada di meja bupati," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Kadar, Rabu 29 November 2017.

Kadar menegaskan data calon penerima itu sudah valid karena berdasarkan keterangan kepala desa dan camat setempat. Tapi untuk dua gudang penyimpanan garam, Kadar memastikan tidak masuk dalam daftar objek bantuan karena milik perusahaan.

(Baca: Korban Puting Beliung di Sumenep akan Mendapatkan Bantuan)

Setelah ditelaah bupati, bantuan tersebut bakal dicairkan paling lama dalam 10 hari, atau paling cepat satu minggu. Yang jelas, kata dia, ada sejumlah berkas yang harus dibawa calon penerima saat pencarian, di antaranya foto rumah yang rusak karena puting beliung.

Sementara besaran bantuan beragam. Jika hanya rusak ringan bagian atap, seperti beberapa genting yang diterbangkan puting beliung, bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp500 ribu. Tapi jika kerusakan cukup parah, Kadar mengatakan bisa dibantu sebesar Rp2,5 juta.

Sementara Pengamat Metereologi BMKG Kalianget Sumenep, Agus Arif Rahman, menyebut hingga pukul 17.30 nanti, Sumenep belum berpotensi diguyur hujan sedang dan lebat yang disertai petir dan angin kencang. Hal itu berpotensi terjadi di luar Sumenep, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

"Potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di Bangkalan timur hingga Sampang," terang Arif.


(SUR)