Alat Pencurian Data Ditemukan di Mesin ATM di Surabaya

Amaluddin    •    Rabu, 21 Mar 2018 16:07 WIB
Skimming
Alat Pencurian Data Ditemukan di Mesin ATM di Surabaya
Ilustrasi transaksi di ATM, Medcom.id - M Rizal

Surabaya: Polda Jawa Timur menemukan alat diduga untuk tindak pidana pencurian data nasabah di mesin ATM atau skimming. Alat itu ditemukan di sebuah mesin ATM di kawasan Graha Pena, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Jatim.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan alat tersebut berupa alat pembaca kartu dan kamera. Cara kerja alat itu yaitu merekam data pada kartu bayar. Alat tersebut ditemukan di mulut mesin ATM.

"Untuk sementara baru satu alat yang ditemukan di sebuah lubang di ATM tersebut," kata Frans di Surabaya, Rabu, 21 Maret 2018.

Alat itu ditemukan saat polisi memeriksa beberapa ATM di Surabaya. Alat itu berfungsi menyalin data yang terpantau dari kartu bayar debit maupun kredit yang digunakan nasabah saat bertransaksi di ATM tersebut.

"Tapi saat ini alat itu sudah kami amankan. Mesin ATM juga sudah steril. Saat ini, polisi bekerja sama dengan pihak bank untuk mengejar pelaku," ujar Frans.

Frans meminta warga tetap mewaspadai dan tenang menghadapi masalah tersebut. Sebab, semua bank telah mendapat instruksi untuk mengecek mesin ATM.

"Masyarakat harus waspada juga, sebelum memasukkan ATM ke lubang ATM, harus melihat lubang itu terlebih dahulu," katanya.


(RRN)