Gempa Pacitan, BPBD Jatim Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Amaluddin    •    Kamis, 22 Sep 2016 16:22 WIB
gempa
Gempa Pacitan, BPBD Jatim Imbau Masyarakat Tetap Tenang
Ilustrasi--Foto: AFP

Metrotvnews.com, Surabaya: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mengimbau masyarakat di pesisir selatan Jawa Timur, seperti Ponorogo, dan Pacitan, tetap tenang terkait gempa bumi 5,1 Skala Richter di Pacitan, Kamis 22 September, pukul 01.07 WIB. Sebab, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan gempa itu tak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Gempa yang terjadi di Pacitan dini hari tadi sampai saat ini masih aman. Untuk itu kami imbau masyarkat tetap tenang," kata Kepala BPBD Jawa Timur Sudharmawan, Kamis (22/9/2016).

Informasi BPBD Pacitan ke Stasiun Geofisika Yogyakarta, kata Darmawan, guncangan di daerah tersebut hanya dirasakan oleh beberapa orang. Hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempa bumi itu.

Menurut dia, alat pendeteksi dini atau ekstensometer yang berjumlah 16 unit di sepanjang pesisir selatan Jatim masih aktif. Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi dengan pusat di laut bagian Tenggara Pacitan Jatim ini merupakan gempa bumi dangkal. 

"Akibat aktivitas subduksi antara lempeng Indo Australia yang menunjam lempeng Eurasia. Secara seismik, zona Jawa memang zona yang sangat aktif dan sering terjadi aktivitas gempa bumi dangkal," kata dia.

Pada Kamis, pukul 01.07 WIB, gempa berkekuatan 5,1 skala richter mengguncang Pacitan, Jawa Timur. Pusat gempa berada di 9.07 lintang selatan-111.50 bujur timur di kedalaman 10 km. Titik itu tepat berada di 108 km tenggara Pacitan. "Tidak ada kerugian materi hingga korban jiwa atas peristiwa tersebut," pungkasnya.


(TTD)