2.800 Perempuan Jatim Menderita Kanker Serviks

Amaluddin    •    Rabu, 23 Nov 2016 15:49 WIB
kanker
2.800 Perempuan Jatim Menderita Kanker Serviks
Seorang perempuan melintas di depan layar saat sosialisasi Kanker Serviks (kanker leher rahim) di Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Jumat (29/7/2016). Foto: Antara/Rahmad

Metrotvnews.com, Surabaya: Pada 2016 sebanyak 2.800 perempuan Jawa Timur menderita kanker serviks. Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mencatat jumlah penderita sebagian besar baru terdeteksi saat kanker sudah dalam stadium lanjut.

"Saat ini penderita serviks yang rawat jalan atau inap ada sekitar 3.600 orang. Jumlahnya menurun jika dibandingkan 2015 yang mencapai 5 ribu penderita," kata Ketua YKI Jatim, Nina Soekarwo, usai pelantikan YKI Cabang Jatim, di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya, Rabu (23/11/2016).

Ia mengimbau perempuan Jatim rutin memeriksakan diri ke dokter. "Kalau sudan stadium lanjut, penyakit ini akan menyebabkan komplikasi," kata istri Gubernur Jatim, Soekarwo, ini.

Perempuan Jatim juga banyak yang menderita kanker payudara. Tercatat ada 3.600 perempuan penderita kanker payudara. Saat ini ada 40 rumah singgah yang bisa dipergunakan pasien kanker untuk tinggal sementara saat mengobati penyakitnya. 

"Biasanya, pasien kanker akan singgah di rumah ini ketika melakukan kemoterapi di RSUD Dr Soetomo. Relawan YLKI juga rajin turun ke lapangan untuk menyosialisasikan pencegahan kanker," kata dia.


(UWA)