1.773 Jemaah Calon Haji Malang Jalani Tes Kesehatan Tahap Awal

Aditya Mahatva Yodha    •    Selasa, 21 Mar 2017 10:00 WIB
haji
1.773 Jemaah Calon Haji Malang Jalani Tes Kesehatan Tahap Awal
Puskesmas Gondanglegi Kabupaten Malang melayani pemeriksaan jemaah calon haji -- MTVN/Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: Sebanyak 1.773 jemaah calon haji Kabupaten Malang mulai menjalani pemeriksaan kesehatan tahap awal. Pemeriksaan dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang di puskesmas yang tersebar di 33 kecamatan.

"Pemeriksaan kesehatan jemaah calon haji terdiri dari tiga tahap, yaitu pemeriksaan tahap awal berupa pengecekan kondisi fisik, kebugaran, dan kesehatan. Jika ada penyakit risiko tinggi, maka akan ada pemeriksaan tahap kedua di rumah sakit. Selanjutnya, pemeriksaan kesehatan tahap ketiga di Embarkasi Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur," jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Malang Lulus Condro, Selasa, 21 Maret 2017.

Setelah pemeriksaan tahap pertama, jemaah calon haji akan mendapatkan Kartu Keterangan Kesehatan Jemaah Haji dari Dinkes sebagai kartu kontrol. Sepulang dari ibadah haji, jemaah tetap akan diperiksa oleh petugas Dinkes.

"Pengecekan kesehatan usai menunaikan ibadah haji bertujuan mengetahui apakah ada penyakit yang dibawa dari Arab Saudi," pungkas Condro.


(NIN)