Biaya Pemulihan Jalan Gubeng Dibebankan pada Kontraktor

Amaluddin    •    Kamis, 27 Dec 2018 17:59 WIB
Jalan Gubeng Ambles
Biaya Pemulihan Jalan Gubeng Dibebankan pada Kontraktor
Suasana di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Medcom.id - Amal

Surabaya: Biaya pemulihan Jalan Raya Gubeng yang ambles sepenuhnya dibebankan kepada PT Nusa Kontraktor Enjiniring (NKE). Sebab, perusahaan tersebut selaku kontraktor proyek basemen Rumah Sakit Siloam yang mengakibatkan jalan ambles.

"Pokoknya semua biaya pemulihan jalan yang biayai adalah NKE (bukan Pemkot Surabaya)," kata Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, di Surabaya, Kamis, 27 Desember 2018.

Untuk saat ini, biaya pemulihan jalan ambles menggunakan dana cadangan bencana Pemkot Surabaya. Nantinya, Pemkot Surabaya akan mengklaimkan total biaya untuk pemulihan jalan tersebut ke PT NKE

Namun sayang, Risma tidak menyebut berapa jumlah biaya yang digunakan untuk ditagihkan ke PT NKE. Risma mengatakan bahwa biaya pemulihan jalan tersebut untuk membayar material dan pekerja jalan ambles itu.

"Pokoknya semua biaya ditanggung PT NKE. Begitu pemulihan jalan selesai, nanti semua biaya diklaimkan ditagihkan ke PT NKE," ujar Risma.

PT NKE merupakan perusahaan yang bertanggungjawab atas amblesnya Jalan Raya Gubeng di Surabaya. Berdasarkan hasil pemeriksaan tim laboratorium forensik (labfor) Mabes Polri bersama Polda Jatim, menyimpulkan penyebab peristiwa itu karena kesalahan teknis dalam pelaksanaan proyek pembangunan area bawah tanah atau basement RS Siloam Surabaya.
 
"Dugaan kuat kami bahwa ada kesalahan teknis akibat dari pembangunan yang dilakukan oleh RS Siloam yang membangun 3 lantai ke bawah yaitu basement," kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, beberapa waktu lalu.


(RRN)