Hutan di Gunung Lemongan Lumajang Terbakar

ant    •    Selasa, 30 Oct 2018 21:42 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Hutan di Gunung Lemongan Lumajang Terbakar
ilustrasi Medcom.id

Lumajang: Hutan dan lahan padang sabana di lereng Gunung Lemongan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terbakar. Hingga Selasa 30 Oktober malam api belum juga belum padam.

"Awalnya relawan Laskar Hijau melihat titik api di utara lereng Gunung Lemongan pada Sabtu 27 Oktober dan api terus membesar akibat angin kencang," kata relawan Laskar Hijau Ilal Hikam saat dihubungi di Kabupaten Lumajang.

Kendati api terus membesar, kata dia, pihak relawan Laskar Hijau tidak bisa memadamkan api tersebut. Hal itu lantaran lokasinya yang cukup jauh dan tidak memungkinkan untuk dijangkau, sehingga pihaknya melakukan pemantauan dari sejumlah lokasi.

"Pada Sabtu 27 Oktober malam sempat turun hujan rintik-rintik, sehingga kami lega karena kemungkinan api bisa padam akibat cuaca yang dingin tersebut. Namun, pada pagi tadi kami kembali melihat titik api di sisi utara lereng Gunung Lemongan," katanya.

Api terus membesar dari sisi utara menuju ke puncak Gunung Lemongan yang memiliki ketinggian 1.668 meter di atas permukaan laut (mdpl), namun relawan Laskar Hijau juga tidak bisa menjangkau lokasi kebakaran tersebut karena medannya yang sulit untuk dijangkau.

"Kami hanya memantau di sejumlah lokasi untuk memastikan kebakaran tersebut tidak merembet ke kawasan hutan konservasi yang sudah ditanami oleh relawan Laskar Hijau," ujarnya.

Ilal mengatakan sejumlah relawan memantau kebakaran hutan tersebut di Posko Laskar Hijau di lereng Gunung Lemongan, posko Mbah Citro, dan Ranu Klakah yang bisa melihat titik api tersebut.

Sementara Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswanto mengatakan pihak BPBD sudah mendapatkan laporan terkait dengan kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lemongan yang diduga karena cuaca ekstrem.

"Petugas pos pantau Gunung Lemongan melihat titik api di sekitar gunung yang memiliki ketinggian 1.668 mdpl atau tepatnya di lereng sebelah barat sampai ke puncak Gunung Lemongan," tuturnya.

Setelah mendapat laporan, kata dia, tim asessment Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD Lumajang sampai di pos pantau Gunung Lemongan yang berada di Gunung Meja.

"Menurut sumber dari petugas pos pantau Gunung Lemongan yang terbakar berupa ilalang kering dan luas yang terbakar sekitar 50 hektare," katanya.

Ia menjelaskan petugas tidak bisa mencapai titik api karena medan yang relatif sulit dan tidak ada dampak yang mengarah atau merugikan, serta membahayakan warga karena jarak dari permukiman sangat jauh. 

"Mudah-mudahan api bisa segera padam akibat cuaca dingin pada malam hari, sehingga luas lahan yang terbakar di Gunung Lemongan tidak semakin luas," katanya. 


(ALB)