Pemerintah Akan Hentikan Impor Bawang Merah

Aditya Mahatva Yodha    •    Jumat, 30 Jun 2017 14:47 WIB
bawang
 Pemerintah Akan Hentikan Impor Bawang Merah
Mendag RI Enggartiasto Lukita di Pasar Banurejo Kepanjen.

Metrotvnews.com, Malang: Pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satunya mendorong petani menanam bawang merah. Selain itu, pemerintah akan menghentikan impor bawang merah.

"Kami optimistis akan berhenti mengimpor bawang merah karena kami sudah berhasil terlebih dahulu menghentikan impor wortel yang sudah berjalan 1 tahun," ujar Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita di Pasar Banurejo Kepanjen, Malang Jawa Timur, Jumat 30 Juni 2017.

Enggar menjelaskan, sebelumnya para petani juga takut kalah bersaing saat menanam wortel. Namun, sekarang hasilnya tidak kalah dari luar negeri.

"Jadi, petani tidak perlu khawatir menanam bawang merah karena kami akan buatkan pasarnya,” tambah Enggar.

Kebutuhan bawang merah di Indonesia masih bergantung kepada India. Maka dari itu pemerintah terus mendorong para petani nusantara menanam bawang merah.

"Kami juga mendorong iklim usaha yang stabil agar petani tetap nyaman menanam komoditi bawang merah dan tanaman lainnya," lanjut Enggar.

Untuk bawang putih, menurutnya, Indonesia saat ini memang belum dapat memproduksi sendiri. Pasalnya, sekitar 75 persen produksi bawang masih bergantung dari India dan Tiongkok.

“Kami mengusahakan agar ke depan tak lagi bergantung produk impor,” pungkas Enggar.



(ALB)