Dewan Mendesak Rute Penerbangan di Bandara Abd Saleh Ditambah

Aditya Mahatva Yodha    •    Rabu, 26 Jul 2017 14:27 WIB
bandara
Dewan Mendesak Rute Penerbangan di Bandara Abd Saleh Ditambah
Suasana di Bandara Abd Saleh, Malang, Jawa Timur -- MTVN/Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: DPRD Kabupaten Malang mendesak agar rute penerbangan dari Bandara Abdulrachman (Abd) Saleh ditambah. Mereka juga mendesak bandara di Malang ditingkatkan statusnya menjadi bandara internasional.

"Jadi, Bandara Abd Saleh tidak hanya melayani penerbangan Jakarta dan Bali saja. Tapi, juga kota-kota besar lainnya," kata Pimpinan Komisi D DPRD Kabupaten Malang Achmad Andi di Malang, Jawa Timur, Rabu 26 Juli 2017.

Achmad menjelaskan, penambahan rute dan pengembangan Bandara Abd Saleh sangat diperlukan. Selain sudah menjadi kebutuhan, juga untuk mendongkrak sektor pariwisata di Malang Raya, khususnya Kabupaten Malang.

Senada, anggota Fraksi NasDem Amarta Faza mengatakan bahwa peningkatan status Bandara Abd Saleh menjadi bandara internasional akan menunjang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Malang. "Kami berharap Bandara Abd Saleh menjadi bandara internasional sehingga bisa melayani pemberangkatan haji dan umrah," ujarnya.

Faza yang duduk di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Malang ini menjelaskan, DPRD Kabupaten Malang siap mendukung anggaran untuk pengembangan Bandara Abd Saleh.

Berdasarkan data dari Bandara Abd Saleh, pengguna jasa di bandara tersebut tiap tahun naik. Pada 2015, tercatat 722.000 penumpang pergi dan pulang melalui Bandara Abd Saleh. Pada 2016, naik 18,9 persen menjadi 859.000 penumpang.

"Tahun ini kami prediksi meningkat drastis," kata Kepala UPT Bandara Abd Saleh Malang Suharno.


(NIN)