Jembatan Widang Bisa Dilalui Pemudik H-10

Dian Ihsan Siregar    •    Sabtu, 12 May 2018 11:01 WIB
jembatan runtuh
Jembatan Widang Bisa Dilalui Pemudik H-10
Warga mengerumuni lokasi jembatan Widang yang runtuh, Tuban, Jawa Timur. Foto: Antara/Aguk Sudarmojo.

Tuban: Jembatan Widang di Tuban, Jawa Timur, sudah dapat dilalui pemudik pada H-10 lebaran. Jembatan ini pun menjadi penghubung antara Tuban dan Lamongan yang ramai digunakan pemudik.

"Jembatan ini ditargetkan akan selesai sekitar tanggal 4 Juni 2018 atau H-10 lebaran. Sehingga, Jembatan Widang dapat kembali dilalui kendaraan selama berlangsung masa arus mudik maupun balik lebaran," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kepada Metro TV, Sabtu, 12 Mei 2018.

Progres pengerjaan Jembatan Widang, bilang Basuki, sudah mencapai 50 persen. Dari enam segmen pemasangan kerangka baja jembatan, saat ini telah terpasang sebanyak tiga segmen. 

Baca: Polri Selidiki Kasus Jembatan Widang

Pemasangan enam segmen kerangka baja ini, kata dia, ditargetkan akan selesai pada 23 Mei 2018 atau sekitar dua pekan ke depan. "Setelah itu akan dilanjutkan dengan pengecoran lantai jembatan," jelas dia.

Jembatan Widang adalah jembatan penghubung Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, dengan Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Jembatan ini ambruk, Selasa, 17 April 2018.

Saat kejadian, satu truk dengan muatan limbah smelter, dua truk muatan pasir, dan satu kendaraan roda dua sedang melintas di jembatan kembar tersebut. 



(YDH)