Baru 226.687 Wajib Pajak di Sidoarjo Laporkan SPt

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 30 Mar 2018 02:00 WIB
pajak
Baru 226.687 Wajib Pajak di Sidoarjo Laporkan SPt
Petugas pajak melayani pelaporan SPt di Sidoarjo, Medcom.id - Hadi

Sidoarjo: Masa pelaporan surat pemberitahuan (SPt) pajak berakhir pada 31 Maret 2018. Dua hari menjelang masa tersebut, wajib pajak di Sidoarjo, Jawa Timur, yang melaporkan SPt 2018 sebanyak 226.687 orang.

Kepala Bidang Humas Dirjen Keuangan Kanwil Jatim II Nyoman Ayu Ningsih mengatakan target pelapor SPt 2017 yaitu 295.152 wajib pajak. Namun kini, baru 77,48 persen wajib pajak yang memenuhi kewajiban tersebut.

Menurut Ningsih, animo masyarakat melaporkan SPt masih tinggi. Tapi, wajib pajak terbiasa melaporkan Spt di hari-hari terakhir. Sehingga antrean panjang pun tampak di kantor pajak.

"Maka DJP mengimbau Wajib Pajak memanfaatkan e-Filling dalam penyampaian laporan SPT. Jadi, WP tidak perlu antre, tinggal melakukan pembayaran melalui online," ujar Nyoman saat dikonfirmasi melalui selularnya, Kamis, 29 Maret 2018.

Terlebih lanjut Nyoman, segala bentuk kepengurusan maupun konsultasi perpajakan, lapor e-Filling, lupa E-fin, serta Konsultasi e-billing juga bisa dilakukan di beberapa pusat perbelanjaan (keramaian).

Seperti yang terlihat di Mall Lippo Plaza di Sidoarjo. Stand kepengurusan pajak ini mulai dibuka sejak Selasa 27 Maret hingga 31 Maret 2018. Stand dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

"Tujuannya memang untuk mendekatkan layanan dengan masyarakat. Agar jangkauan pelayanan bisa dijangkau oleh masyarakat luas dan lebih maksimal. Khususnya wajib pajak yang tidak punya waktu untuk datang ke kantor pajak," terangnya.

Bahkan, kegiatan serupa juga digelar oleh kantor pelayanan pajak diberbagai daerah dengan tujuan yang sama yakni memaksimalkan jangkauan layanan.

Sementara Ita Yuli Astuti asal Surabaya mengaku senang bisa berkonsultasi seputar perpajakan tanpa antrean panjang. Ia yang kebetulan sedang menikmati liburan (jalan-jalan) di mall Lippo plaza bisa memanfaatkan layanan perpajakan.

"Pas jalan di sini lihat ada stand pajak, coba tanya-tanya ternyata bisa melayani. Kebetulan saya belum lapor SPT tahunan," singkat pegawai Maspion II Buduran Sidoarjo itu usai mengunjungi stand pajak di Lippo Mall Sidoarjo.


(RRN)