Setiap Tol di Jatim Bakal Diberi Rest Area Sambut Mudik Lebaran

Amaluddin    •    Sabtu, 14 Apr 2018 13:06 WIB
Mudik Lebaran 2018
Setiap Tol di Jatim  Bakal Diberi <i>Rest Area</i> Sambut Mudik Lebaran
Kapolda Jatim Kombes Machfud Arifin, saat menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) dan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis). Foto: Medcom.id/Amaluddin

Surabaya: Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menyiapkan trik untuk menekan angka kecelakaan pada Idulfitri 2018. Selain menerapkan rekayasa lalu lintas, Polda Jatim nantinya akan menyediakan rest area (area istirahat) di kawasan tol.

"Banyak di kawasan tol di Jatim belum disiapkan rest area. Padahal itu penting untuk menjadi tempat istirahat para pemudik," kata Kapolda Jatim Kombes Pol Machfud Arifin, Surabaya, Sabtu, 14 April 2018.

Penyediaan rest area sangat penting untuk mengantisipasi para pemudik yang lelah saat perjalanan. Kelelahan kerap menyebabkan kecelakaan. Utamanya di kawasan tol.

"Biasanya pengendara mulai ngantuk saat lewat tol. Nah itulah kesalahan bersifat human error. Keenakan kena angin, lalu keadannya capek terus ngantuk, hingga akhirnya kecelakaan," kata Machfud.

Berdasarkan catatan Polda Jatim sepanjang tahun 2016 lalu, jumlah korban jiwa akibat kecelakaan di Jatim mencapai lebih dari 5.700 korban. Sedangkan sepanjang tahun 2017 lalu, angka kecelakaan di Jatim menurun sebanyak 5.300 korban jiwa.

"Sementara pada tahun 2018 sampai dengan awal April ini, apabila dibandingkan dengan tahun lalu sudah menunjukkan penurunan yang cukup signifikan," katanya.

Selain fokus pada angka kecelakaan, Machfud mengaku juga akan menyediakan beberapa fasilitas, untuk kenyamanan dan kelancaran para pemudik lebaran tahun ini. Untuk itu, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi lintas instansi dengan Dinas Perhubungan, PT. Jasa Raharja dan pemangku kepentingan lainnya.

"Yang ditekankan disini, bagaimana kami harus meminimalisir korban kecelakaan lalu lintas, kelancaran lalu lintas dan mengawal orang-orang saat mudik," kata Machfud.


(SUR)