Anggota DPRD Baru Malang Siap Kawal Roda Pemerintahan

Daviq Umar Al Faruq    •    Senin, 10 Sep 2018 19:30 WIB
kasus korupsiKorupsi APBD-P Malang
Anggota DPRD Baru Malang Siap Kawal Roda Pemerintahan
Plt Ketua DPRD Malang Abdurrohman membacakan sumpah saat Pelantikan Anggota DPRD Malang Pengganti Antar Waktu (PAW) di ruang paripurna, Gedung DPRD Malang, Jawa Timur, Senin (10/9).ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto.

Malang: Salah satu anggota DPRD Kota Malang yang baru saja dilantik, Dito Arief Nurakhmadi mengaku siap melanjutkan agenda dewan yang sempat tertunda. Dito mengaku sudah dapat gambaran kerja sebelum adanya pelantikan.

"Di partai kami sudah ada kajian juga pembekalan bagi calon dewan ini. Kita sudah ada bayangan dan siap jika agenda ini dituntut untuk segera selesai," kata Dito di ruang sidang paripurna Gedung DPRD Kota Malang, Jawa Timur, Senin, 10 September 2018..

Sementara anggota lainnya, Arif Darmawan mengatakan, dirinya bersama anggota PAW lainnya mayoritas telah memiliki pengetahuan di bidang penganggaran. Sehingga dia pun juga mengaku siap mengawal anggaran di Kota Malang.

"Kalau menurut saya sebenarnya semua ini tidak asing lagi dengan masalah anggaran. Karena semua ini sudah lama berkecipung di dunia politik," ungkap pria yang menggantikan Indra Tjahyono dari fraksi Partai Demokrat ini.

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan sebanyak 41 dari 45 anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka dalam kasus suap pembahasan APBD Perubahan Kota Malang Tahun Anggaran 2015.

Akibatnya, anggota dewan pun hanya tersisa lima orang saja. Yakni, Abdurachman dari fraksi PKB, Subur Triono dari fraksi PAN, Nirma Cris Desinidya dari fraksi Partai Hanura serta Priyatmoko Oetomo dan Tutuk Hariyani yang keduanya dari fraksi PDI-P.

Sebanyak 40 anggota PAW DPRD Kota Malang dilantik di Ruang Sidang Paripurna, Gedung DPRD Kota Malang, Senin 10 September 2018 pagi. Puluhan anggota PAW ini dilantik untuk melanjutkan sisa masa jabatan anggota DPRD Kota Malang periode 2014-2019 yang ditahan oleh KPK.


(DEN)