DPRD Madiun Siap Tunjuk Pengganti Wali Kota Bambang

iwan yudhi atmoko    •    Rabu, 19 Oct 2016 12:55 WIB
korupsi
DPRD Madiun Siap Tunjuk Pengganti Wali Kota Bambang
Wali Kota Madiun Bambang Irianto, Metrotv - Iwan Yudhi Atmoko

Metrotvnews.com, Madiun: Wali Kota Madiun Bambang Irianto memilih diam terkait penetapan dirinya sebagai tersangka kasus korupsi. Sementara DPRD Madiun, Jawa Timur, menyiapkan pengganti Bambang.

Bambang menyerahkan proses hukum kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia pun menegaskan akan kooperatif memenuhi panggilan pemeriksaan di KPK.


(Kantor DPRD Kota Medan, Metrotv - Iwan Yudhi Atmoko)

Ketua DPRD Madiun, Istono, mengatakan dewan menyiapkan pengganti Bambang bila KPK menahan wali kota. Ia menegaskan sikap dewan itu sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Tapi kami masih menunggu keputusan hukum pada yang bersangkutan (Bambang). Apa yang terjadi pada lembaga ini, tentunya ada alternatifnya. Aturannya memang begitu," kata Istono di Madiun, Rabu (19/10/2016).

Senin 17 Oktober, KPK menetapkan Bambang sebagai tersangka dugaan penyalahgunaan wewenang dalam proyek pembangunan Pasar Besar Madiun. Proyek tersebut bernilai Rp76,5 miliar.

Baca: Wali Kota Madiun Jadi Tersangka KPK

Selama menjadi wali kota periode 2009-2014, Bambang diduga ikut campur dalam pemborongan, pengadaan, dan penyewaan terkait proyek tersebut. 


(Suasana di depan Pasar Besar Kota Madiun, Metrotv)

Setelah penetapan tersangka, penyidik KPK menggeledah ruang kerja, rumah dinas, dan rumah pribadi Bambang. Penyidik juga menggeledah Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Madiun untuk melengkapi berkas mengenai proyek tersebut.


(RRN)