Densus Tipikor bukan buat Obok-obok Kinerja Penegak Hukum

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 13 Oct 2017 19:57 WIB
densus tipikor
Densus Tipikor bukan buat <i>Obok-obok</i> Kinerja Penegak Hukum
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J. Mahesa

Metrotvnews.com, Surabaya: Komisi III DPR RI bidang Hukum berencana mengundang tiga komponen penegak hukum ke DPR, masing-masing Kejaksaan Agung, Polri, dan KPK. Hal itu menyusul rencana pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) ole Polri.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI  Desmond J. Mahesa mengatakan, undangan bertujuan membahas kinerja tiga lembaga tersebut. Agar tak ada tumpang tindih di antara ketiganya dengan adanya Densus Tipikor. 

"Makanya, sebelum densus berjalan dengan baik, kami ingin memastikan bagaimana kinerja mereka. Hal ini tak lain untuk memaksimalkan hukum dibidang pemberantasan korupsi," kata Desmond saat berkunjung ke Mapolda Jatim, Jumat 13 oktober 2017.

Selama ini, respons dari pemerintah terkait itu pada dasarnya apa yang digagas kepolisian tak jauh beda. Bahkan cenderung sama untuk memberantas tindak pidana korupsi.

"Tinggal pembuktian kinerjanya saja. Kalau KPK kan sudah terukur. Dan ini tantangan bagi Densus Anti Korupsi. Tentunya dengan adanya Densus ini juga bisa menyeimbangkan ketiga lembaga penegak hukum yang sudah ada untuk sama-sama melakukan pemberantasan terhadap kasus korupsi," tandasnya. 


(ALB)