Bupati Prihatin Sungai di Sidoarjo jadi Tempat Pembuangan Sampah

Syaikhul Hadi    •    Minggu, 19 Nov 2017 16:17 WIB
lingkungan
Bupati Prihatin Sungai di Sidoarjo jadi Tempat Pembuangan Sampah
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah saat bersih-bersih di sungai mangetan kanal kawasan Desa Cemandi Kecamatan Sedati Sidoarjo, Minggu, 19 November 2017.

Sidoarjo: Pemerintah Daerah Sidoarjo kembali menggelar bersih-bersih sungai. Program peduli sungai yang melibatkan masyarakat tersebut kembali dilakukan di Desa Cemandi, Kecamatan Sedati, Sidoarjo. 

Bersih-bersih lingkungan sejatinya sudah digagas oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sidoarjo. Setelah diluncurkan di sungai pelayaran, Desa Tawangsari, Kecamatan Taman sejak dua pekan lalu, kini program tersebut berlanjut dengan Roadshow ke desa-desa yang dialiri sungai di sepanjang kabupaten Sidoarjo.

Sejak kemarin, Sabtu, 18 November 2017, roadshow sudah dilakukan di desa Kebonsikep, Kecamatan Gedangan. Pagi tadi, roadshow berlanjut didesa Cemandi Kecamatan Sedati Sidoarjo. Roadshow itu dilakukan di perumahan Griya Kartika yang tak jauh dari aliran sungai Mangera kanal. Bahkan, bersih-bersih itu juga dihadiri orang nomor satu di Sidoarjo, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan dan Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono. 

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengaku prihatin dengan kondisi sungai saat ini. Alasannya, sungai tak hanya menjadi tempat pembuangan air, melainkan tempat pembuangan sampah. Bukan tidak mungkin, karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. 

"Akhir-akhir ini kok tambah lama sungai itu seperti bukan tempat pembuangan air, malah sampah bertebaran di mana-mana," Saiful Ilah, Minggu, 19 November 2017. 

Menurutnya, membuang sampah di sungai adalah perilaku buruk yang berdampak pada kesehatan masyarakat. Sehingga dirinya meminta agar masyarakat kembali sadar akan pentingnya menjaga kebersihan sungai. 

"Buanglah sampah pada tempatnya. Kalau terus-terusan begini, bakalan terjadi banjir karena banyak sungai yang tersumbat oleh sampah. Harapannya masyarakat juga bisa berpartisipasi untuk menjaga dan merawat sungai dari sampah," harapnya. 

Kedepan, kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga dan merawat sungai terus digalakkan. Melalui Sidoarjo peduli sungai diharapkan akan mengurangi sampah di sungai. 

"Kami akan terus berkeliling melakukan kegiatan seperti ini. Terutama didaerah-daerah yang dialiri sungai menjadi prioritas pembersihan sampah," tandasnya.


(ALB)