Korban Puting Beliung di Sumenep akan Mendapatkan Bantuan

Rahmatullah    •    Selasa, 21 Nov 2017 17:45 WIB
puting beliung
Korban Puting Beliung di Sumenep akan Mendapatkan Bantuan
?Kondisi rumah warga di Sumenep usai diterjang puting beliung -Rahmatullah-

Sumenep: Korban puting beliung di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, akan mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat. Bantuan tersebut tidak seragam, tapi disesuaikan dengan tingkat kerusakan rumah warga. Kini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tengah mendata berapa Kartu Keluarga yang bakal diberi bantuan tersebut.

Kepala BPBD Sumenep, Abd Rahman Riadi, menjelaskan bantuan untuk korban bencana diatur dalam Peraturan Bupati Sumenep Nomor 5 tahun 2015. Dalam Perbup itu disebutkan rumah rusak berat akan dibantu sebesar Rp2,5 juta, sedangkan rusak sedang Rp1,5 juta, dan untuk rusak ringan Rp750.000.

“Jadi kita masih belum selesai mendata,” kata Rahman, Selasa 21 November 2017.

Baca: 90 Rumah di Sumenep Rusak Akibat Diterjang Puting Beliung

Setelah didata, calon penerima bantuan akan disurvei. Hal itu guna mengetahui tingkat kerusakan rumah akibat bencana tersebut. Rahman menyebut pendataan kemungkinan tuntas dalam dua hari ke depan. Setelah itu, baru diajukan ke pemerintah untuk mendapatkan bantuan.

Meski demikian, Rahman menegaskan bantuan tersebut masih disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Dia khawatir anggaran yang tersedia tidak cukup untuk semua korban, karena sudah memasuki akhir tahun.

“Tapi kami juga usahakan (mendapatkan bantuan dari Pemprov Jatim). Mudah-mudahan bisa dapat. Tapi prosesnya lebih lama ketimbang bantuan dari kabupaten,” ujar dia.




Sementara salah satu korban, Lilik, menuturkan atap rumahnya hancur gara-gara diterjang puting beliung. Dapurnya juga berantakan. Tapi dia masih bersyukur karena material rumahnya tidak mengenai anggota keluarga.

“Separuh genting rumah hancur semua,” ujarnya.

Lilik mengaku ketakutan saat kejadian. Ketika mendengar bunyi genteng diterbangkan, dia mengaku langsung keluar rumah bersama anggota keluarga. Dia memperkirakan puting beliung tersebut berlangsung selama 25 menit, sehingga banyak rumah rusak.


(ALB)