HR Pengacara Jawa Pos Group

Amaluddin    •    Jumat, 18 Nov 2016 18:47 WIB
dugaan korupsi
HR Pengacara Jawa Pos Group
Kompol Brotoseno usai menjenguk Angelina Sondakh di KPK, Jakarta Selatan, Senin 11 Juni 2012. Antara Foto/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Surabaya: Riri Purbasari Dewi, salah satu tim kuasa hukum Dahlan Iskan dalam kasus cetak sawah, membantah HR menjadi pengacara Dahlan dalam kasus itu. HR adalah pengacara di Jawa Pos Group. 

"Bukan pengacara pak Dahlan di (kasus) cetak sawah," kata Riri, saat mendampingi pemeriksaan Dahlan Iskan di Mapolda Jawa Timur, Jalan A. Yani, Surabaya, Jumat (18/11/2016).

Dahlan tak pernah kenal HR, meski dia menjadi pengacara di perusahaan media yang dibesarkannya. Sebab, kata Riri, kliennya sudah 10 tahun tidak bersentuhan dengan manajeman Jawa Pos Group. 

"Lawyer dalam urusan cetak sawah hanya kami bertiga. Saya, mas Imam, dan Mursyid Budiantoro. Jadi, tidak ada pengacara HR," ujar dia.

Imam Syafii yang juga anggota tim kuasa hukum Dahlan Iskan, berkomentar sama. Ia menjelaskan HR tidak hanya menjadi pengacara di Jawa Pos Group, tapi juga di sejumlah perusahaan

"Dia corporate lawyer di beberapa perusahaan. Saya sendiri tidak tahu siapa itu HR," katanya.

Baca: Dahlan Bantah Kenal Pengacara Penyuap AKBP Brotoseno

Kepala Unit Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, AKBP Brotoseno, tertangkap tangan menerima suap dari seorang pengacara berinisial HR melalui rekannya, LM. Brotoseno diduga menerima suap bersama rekannya sesama polisi berinisial D.

Kasus suap itu berkaitan dengan kasus dugaan korupsi proyek cetak sawah di Ketapang, Kalimantan Barat, yang kini ditangani Bareskrim Mabes Polri. Proyek ini diinisiasi Dahlan pada 2002 semasa menjabat menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selama tiga pekan ini Dahlan diperiksa sebagai saksi kasus itu oleh penyidik Mabes Polri di Mapolda Jatim. Hari ini, penyidik Bareskrim kembali memanggilnya.

Dahlan tiba di Mapolda Jatim sekira pukul 14.30 WIB. Ia ditemani beberapa kuasa hukum dan orang dekatnya. Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari polisi terkait pemanggilan Dahlan.

Namun, Dahlan sempat menjawab pertanyaan awak media terkait kedatangannya ke Mapolda Jatim. "Soal berita terbaru (suap AKBP Brotoseno), nanti biar tiga pengacara saya saja yang ngomong. Yang jelas, tidak ada pengacara saya yang namanya HR," kata Dahlan.




(UWA)