Kekerasan di Sidoarjo Melibatkan Anak-anak sebagai Pelaku

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 24 Nov 2016 18:28 WIB
kekerasan anak
Kekerasan di Sidoarjo Melibatkan Anak-anak sebagai Pelaku
Ilustrasi kekerasan pada anak, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Anak bukan saja berpotensi sebagai korban kekerasan dan kejahatan seksual. Di Sidoarjo, Jawa Timur, anak-anak juga menjadi pelaku tindak pidana kekerasan.

Polresta Sidoarjo menerima 10 laporan mengenai kasus kekerasan terhadap anak-anak dari Januari hingga November 2016. Jumlah itu menurun ketimbang periode yang sama di 2015 yaitu 14 kasus.

Mirisnya, kata Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Manang Soebeti, sebagian besar tindak pidana kekerasan tersebut dilakukan anak-anak. Misalnya pemerkosaan di Taman Sidoarjo yang dilakukan sembilan anak.

Baca: Siswi SMP Diperkosa 13 Remaja Setelah Dicekoki Miras Cukrik

"Dari jumlah itu, rata-rata pelakunya juga dari anak-anak," kata Kompol Manang di Sidoarjo, Kamis (24/11/2016).

Meski pelaku masih berusia muda, kata Kompol Manang, proses hukum tetap berjalan. Namun mereka tetap mendapatkan penanganan dan pendampingan sebagai tersangka anak.

Pemeriksaannya didampingi Balai Pemasyarakatan (Bapas) Klas 1 Surabaya. Itu sesuai dengan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang sistem peradilan anak.

Setelah putusan, terpidana anak pun mendapat ruangan yang berbeda dari dewasa. Misalnya, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sidoarjo.

Kompol Manang meminta warga, khususnya orang tua, peka mengawasi pergaulan anak-anak. Sehingga anak-anak tak terpengaruh dengan tindakan kekerasan yang justru menjerumuskan mereka.



(RRN)