Banjir Jombang, Air Sempat Setinggi 1 Meter

   •    Rabu, 30 Nov 2016 09:57 WIB
banjir
Banjir Jombang, Air Sempat Setinggi 1 Meter
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Deo Dwi Fajar)

Metrotvnews.com, Jombang: Banjir yang terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sudah mulai surut. Aktivitas warga kembali lancar.

"Banjir sudah mulai surut. Tidak ada warga yang mengungsi," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jombang Gunadi, dikutip Antara, di Jombang, Rabu (30/11/2016).

Ia mengatakan, banjir menggenangi sejumlah daerah di Kabupaten Jombang semalam. Air mulai naik sejak petang dan terus tinggi hingga merendam rumah warga.

Banjir terjadi di sejumlah Desa Gambiran, Kademangan, Karobelah di Kecamatan Mojoagung. Banjir juga menggenangi Desa Selorejo, Kecamatan Mojowarno. Ketinggian air varitaif, mulai 40 sentimeter hingga 1 meter.

Gunadi menyebut, banjir terjadi karena tingginya curah hujan. Sejumlah daerah di hulu hujan deras, yaitu di Malang dan Kecamatan Pare, Kediri. 

Akibatya, debit air Kali Putih di Desa Selorejo, Kecamatan Mojowarno, Jombang, meluap. "Jika di hulu hujan deras, mengalir ke sungai di Jombang, otomatis banjir," katanya.

Banjir ini sudah yang kesekian kali terjadi di Kabupaten Jombang, bahkan setiap tahun juga terjadi. Warga berharap pemerintah memberikan solusi agar banjir bisa diminalisir.


(SAN)