Tabrakan Kapal di Tuban

Petugas Cari Korban di KM Mulya Sejati

Amaluddin    •    Senin, 21 Nov 2016 14:20 WIB
kecelakaan kapal
Petugas Cari Korban di KM Mulya Sejati
Area pencarian korban kapal tenggelam di perairan Tuban, AFP

Metrotvnews.com, Surabaya: Petugas gabungan melanjutkan pencarian korban tabrakan kapal di perairan Tuban, Jawa Timur. Fokus pencarian korban di Kapal Motor (KM) Mulya Sejati yang terbalik setelah ditabrak kapal berbendera Vietnam.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Surabaya, Arivin, menduga korban masih berada di dalam kapal. Sebab, tiga jenazah ditemukan di dalam kapal kemarin siang.

Arivin menerjunkan lima penyelam untuk menyisiri kapal, mulai dari dek depan, ruang kemudi, hingga bagian mesin.

"Kami juga memperluas area pencarian hingga 17 mil dari lokasi tabrakan," kata Arivin di Surabaya, Senin (21/11/2016).

Proses pencarian memasuki hari ketiga setelah kecelakaan. Basarnas melibatkan Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Pol Air. Masing-masing menerjunkan satu kapal ke lokasi kejadian.

"Kami juga mengerahkan satu helikopter untuk melakukan pencarian lewat udara. Alhamdulillah cuaca laut normal," tandasnya.

Kecelakaan terjadi pada Sabtu 19 November 2016. Kapal MV Thaison IV menabrak KM Mulya Sejati di perairan laut Pantura Tuban sekira pukul 04.00 WIB.

Kapal MV Thaison IV dalam perjalanan membawa muatan tepung tapioka. Kapal sedianya bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Senin 21 November.

Namun, MV Thaison menabrak KM Mulya Sejati. Saat kejadian, awak KM Mulya Sejati sedang tidur. KM Mulya Sejati terbalik, setelah ditabrak dari belakang oleh KM MV Thaison IV.


(RRN)