PDIP Dukung Eksistensi KPK

Aditya Mahatva Yodha    •    Minggu, 10 Sep 2017 15:21 WIB
kpk
PDIP Dukung Eksistensi KPK
Sekjend DPP PDIP Hasto Kristiyanto usai Peresmian Kantor DPC PDIP Kabupaten Malang, Minggu 10 September 2017. MTVN/Adit

Metrotvnews.com, Malang: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan membantah pembentukan Pansus Angket KPK untuk membubarkan atau membekukan lembaga antikorupsi. Justru kata Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP PDIP Hasto Kristiyanto mendukung eksistensi KPK di dalam mencegah dan memberantas korupsi.

“Yang jelas dari PDIP tetap mendukung eksistensi KPK,” kata Hasto usai peresmian Kantor DPC PDIP Kabupaten Malang, di Jalan Raya Mojosari, Ngadilangkung, Kepanjen, Minggu 10 September 2017.

Hasto mengatakan, hak angket kepada KPK ditujukan untuk menata ulang lembaga antirasuah tersebut agar sesuai dengan semangat reformasi. Dia menegaskan, sejak awal PDIP menyatakan, bahwa Pansus Hak Angket KPK dijalankan sebagai bagian dari mekanisme pengawasan DPR guna meningkatkan kinerja KPK.

“Sehingga efektivitas pemberantasan korupsi dapat ditingkatkan,” terang Hasto.

Menurut Hasto, KPK memiliki kewenangan yang sangat besar sehingga mekanisme pengawasan harus efektif terhadap kinerja KPK. Utamanya untuk memastikan pencegahan dan penegakan hukum yang berkeadilan dalam rangka pelembagaan budaya tertib hukum.

“Atas dasar hal tersebut PDIP menegaskan pentingnya penguatan pengawasan internal. Termasuk mendorong akuntabilitas dalam keseluruhan proses hukum pemberantasan korupsi agar sesuai dengan standard operating procedure (SOP) yang ada,” ujar Hasto.

Apalagi tambah Hasto, kewenangan KPK yang sangat besar, maka mekanisme pengawasan yang efektif terhadap kinerja KPK sangatlah penting.

“Utamanya untuk memastikan pencegahan dan penegakan hukum yang berkeadilan dalam rangka pelembagaan budaya tertib hukum,” ujar Hasto.



(ALB)