Hari Kartini

Polwan Polres Jombang Kenakan Kebaya

Nurul Hidayat    •    Jumat, 21 Apr 2017 10:52 WIB
hari kartini
Polwan Polres Jombang Kenakan Kebaya
Seluruh personel Polres Jombang kenakan kebaya dalam pelayanan dan pelaksanaan tugas -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Kartini pada 21 April setiap tahunnya. Personel polwan dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polres Jombang memperingatinya dengan mengenakan pakaian kebaya.

"Sebagai bentuk penghormatan serta menghargai jasa Raden Ajeng Kartini terhadap emansipasi wanita, maka seluruh personel polwan memakai kebaya," kata Kanit Patroli Polres Jombang Iptu Radyati Putri di Satlantas Polres Jombang, Jumat, 21 April 2017.

Meskipun mengenakan kebaya, para polwan tak segan melayani warga yang akan mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM). Mulai dari ujian, loket pemohon, ujian teori, hingga praktek, semua dijaga para Kartini masa kini. Senyum pun selalu terkembang di bibir mereka.

Tidak hanya pelayanan SIM, polwan di Satuan Reserse Kriminal Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) juga memakai kebaya saat melakukan pemeriksaan terhadap pelaku. Tak ketinggalan, polwan dari satuan Sabhara Polres Jombang melakukan kegiatan patroli rutin ke sejumlah kawasan pertokoan dengan memakai kebaya lengkap dengan sanggul.


Seluruh personel Polres Jombang kenakan kebaya dalam pelayanan dan pelaksanaan tugas -- MTVN/Nurul Hidayat

Putri menambahkan, pemakaian kebaya dalam pelayanan sekaligus untuk memberikan kesan humanis polwan Polres Jombang terhadap masyarakat. Selain itu, mengingatkan bahwa sosok polisi wanita selain harus bertanggung jawab terhadap tugas, juga harus bisa menjadi teladan bagi keluarga.

"Kami juga ingin menghargai jasa pahlawan wanita, yakni sosok pelopor emansipasi wanita Raden Ajeng Kartini," pungkasnya.


(NIN)