Warga Wonorejo Harus Berjalan 3 Kilometer Demi Air Bersih

Nurul Hidayat    •    Kamis, 14 Sep 2017 09:58 WIB
kemarau dan kekeringan
Warga Wonorejo Harus Berjalan 3 Kilometer Demi Air Bersih
Pasokan air bersih dari BPBD Kabupaten Jombang -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Warga Dusun Wonorejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang, Jawa Timur sudah 1,5 bulan kesulitan mendapatkan air bersih. Demi mendapatkan air bersih, warga harus berjalan 3 kilometer.

"Untuk kebutuhan masak dan minum, kita ambil air di salah satu musala di Desa Ngrimbi. Jauhnya 3 kilometer dari sini. Sedangkan, untuk mandi dan cuci pakaian, kita mencari air di tengah hutan yang jaraknya 1 kilometer," kata Hari Sutikno, warga Dusun Wonorejo, Kamis 14 September 2017.

Menurut Hari, biasanya warga sekitar mendapat pasokan air bersih dari pipanisasi di Desa Wonokerto. "Namun, sejak kekeringan, air pipa dari Desa Wonokerto jarang mengalir. Mungkin sudah habis dikonsumsi warga Wonokerto sendiri," imbuhnya.

Senada, Sulastri menuturkan, dirinya harus berjalan 3 kilometer untuk mendapatkan air bersih. Sebab, air dari tengah hutan yang lebih dekat tidak layak konsumsi.

"Buat mandi saja kadang terasa gatal-gatal," ujarnya.

Hari dan Sulastri berharap, ada langkah dari pemerintah Kabupaten Jombang untuk mengatasi kekeringan yang setiap tahun terjadi di Dusun Wonorejo.


(NIN)