Pemprov Jatim Minta Kemenkominfo Blokir Akun Sosmed Gubernur Soekarwo

Amaluddin    •    Kamis, 31 Aug 2017 10:30 WIB
teknologi
Pemprov Jatim Minta Kemenkominfo Blokir Akun Sosmed Gubernur Soekarwo
Gubernur Jatim Soekarwo, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur memblokir semua akun sosial media yang mengatasnamakan Gubernur Soekarwo. Keputusan itu untuk menghindari informasi palsu alias hoax yang mencatut nama Soekarwo.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Jatim Eddy Santoso mengatakan Gubernur tak lagi memiliki akun sosial media. Lantaran itu, ia meminta warga tak memercayai informasi yang menggunakan nama Gubernur.

"Sebenarnya akunnya sudah ditutup sejak 6 Desember 2016," kata Eddy di Surabaya, Rabu 30 Agustus 2017.

Untuk menghindari informasi hoax, Pemprov pun melayangkan surat kepada Ditjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo. Pemprov meminta Ditjen Aptika menutup semua akun medsos yang menggunakan nama Soekarwo.

"Kami pastikan Gubernur tak memiliki akun di sosmed manapun," tegas Eddy.

Ia mencontohkan akun Pakde Karwo di Facebook. Akun tersebut mendapat 2.616 follower. Eddy menjelaskan akun itu bukan milik Gubernur maupun Pemprov. Akun itu dibuat organisasi masyarakat.

Sebelumnya, Gubernur memiliki akun di Twitter seperti @_PakdeKarwo, @SoekarwoPakde, @Soekarwo, dan @pakdekarwo_RI1. Gubernur juga memiliki akun di Facebook dengan nama Pakde Karwo. Namun semua akun itu sudah tak aktif lagi.

Eddy mengatakan warga tak perlu cemas bila ingin berkomunikasi dengan Gubernur melalui sosial media. Warga bisa mengakses akun resmi di Twitter @JatimPemprov.


(RRN)