Warga Kerap Pergoki Pengendara Buang Popok Bekas ke Sungai

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 27 Jul 2017 12:53 WIB
lingkungan
Warga Kerap Pergoki Pengendara Buang Popok Bekas ke Sungai
Tumpukan sampah di sungai Gedangan, Sidoarjo, Jatim. (Metrotvnews.com/Syaikhul Hadi)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Puluhan kilogram sampah popok bayi ditemukan di tiga sungai di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Warga sekitar sungai mengakui banyak pendatang membuang sampah popok bekas ke sungai.

Amin, 38, misalnya. Warga desa Ketajen, kecamatan Gedangan, itu mengaku kerap memergoki pengendara membuang sampah ke sungai. "Hampir setiap hari," katanya kepada Metrotvnews.com, Kamis, 27 Juli 2017.

Baca: Ikan di Sungai Sidoarjo Alami Intersex

Biasanya, para pengendara membungkus popok bekas dengan plastik. Padahal, di dekat sungai itu ada tempat pembuangan sampah. Namun, warga memilih menghanyutkan popok bekas pakai ke sungai.

"Kalau warga sekitar sini jarang buang sampah ke sungai. Kan TPS-nya ada dua," kata Amin.

Akhir pekan ini, warga setempat berencana kerja bakti membersihkan sungai. Sejak 2015, warga belum pernah lagi membersihkan sungai. Cuma belakangan, ada petugas yang mengeruk sungai.

Tumpukan sampah sempat mengakibatkan banjir di wilayah sekitar. Banjir hingga ketinggian lutut orang dewasa. 

Sementara, aktivis Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton) menyebut tumpukan sampah membuat ekologi sungai rusak. Mereka juga membawa sampah popok bekas ke kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo, pada Selasa, 25 Juli 2017. Popok bekas ditemukan di tiga sungai di Sidoarjo.


(SAN)