Jatim Bersiaga Antisipasi Abu Vulkanik Gunung Agung

Amaluddin    •    Jumat, 29 Sep 2017 17:15 WIB
erupsi gunung agung
Jatim Bersiaga Antisipasi Abu Vulkanik Gunung Agung
Peta zona berbahaya dampak erupsi Gunung Agung Bali, sumber foto: BNPB

Metrotvnews.com, Surabaya: Daerah tapal kuda di Jawa Timur mendapat perhatian serius bila Gunung Agung di Bali bererupsi. Sebab, daerah tersebut berjarak cukup dekat dengan Bali.

Beberapa kabupaten yang masuk dalam kawasan tapal kuda yaitu Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Situbondo, Probolinggo dan Pasuruan. Kabupaten Banyuwangi memiliki pelabuhan yang menjadi pintu masuk menuju Bali.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Sudarmawan, antisipasi belajar dari pengalaman. Saat Gunung Kelud di Kediri meletus pada 2014, abu vulkanik terlontar hingga Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Baca: Hujan Abu Tipis Landa Sejumlah Desa di Banyumas

"Jarak Gunung Kelud ke Jawa Tengah mencapai 230 Km dan 213 Km menuju Yogyakarta," ungkap Darmawan di Surabaya, Jatim, Jumat 29 September 2017.

Sementara Gunung Agung berjarak kurang lebih 200 Km menuju Banyuwangi. Bila Gunung Agung meletus, Darmawan memprediksi abu menghujani wilayah Jawa Timur.

"Tapi itu tergantung arah mata anginya nti kemana," jelasnya.

Darmawan mengatakan pemerintah daerah sudah saling berkoordinasi untuk mengantisipasi kepulan abu vulkanik Gunung Abu. Misalnya menyediakan masker, kendaraan, dan tenda pengungsian.



(RRN)