Jombang Sejak 2014 Sudah 60% Anggaran Digunakan untuk Infrastruktur

Nurul Hidayat    •    Kamis, 26 Oct 2017 15:31 WIB
ekonomi indonesiaekonomi daerahrapbn 2018
Jombang Sejak 2014 Sudah 60% Anggaran Digunakan untuk Infrastruktur
Bupati Jombang Nyono Suharli. MTVN/Nurul

Metrotvnews.com, Jombang: Bupati Jombang Nyono Suharli menegaskan, di Kabupaten Jombang, Jawa Timur sejak tahun 2014 sudah menggunakan 60 persen dari total nilai Anggaran Belanja Pendapatan Daerah (APBD) Kabupaten Jombang. Dana digunakan untuk pembangunan Infrastuktur.

“Sejak 2014 dari total ruas jalan yang terdiri dari 500 ruas jalan total hingga saat ini sudah 422 ruas jalan yang sudah selesai kita kerjakan. Tinggal 78 ruas jalan yang akan dikerjakan,” kata Nyono, di Pendopo Kabupaten Jombang, Kamis 25 Oktober 2017.

Baca: Jokowi Ingin 60% Anggaran Daerah untuk Infrastruktur

Ia menjelaskan, saat ini Pemkab Jombang sedang fokus untuk mengatasi masalah ekonomi yang ada di Kabupaten Jombang, yakni mulai dari program hunian layak bagi warga Jombang, dan pengentasan kemiskinan.

“Masih banyak rumah di Jombang yang belum layak huni, namun kami dari perintah kabupaten Jombang tak akan berdiam diri dan saaat ini program bedah rumah dan MCK layak juga terus kami bangun,” Imbuhnya.

Masalah ekonomi tersebut, menurut Nyono selaras dengan program Presiden Jokowi, karena saat ini Indonesia menduduki peringkat kedua dunia dalam rangka pengentasan kemiskinan setelah india.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginginkan penggunaan anggaran daerah lebih besar untuk infrastruktur. Segala infrastruktur diharapkan selesai dalam 2 tahun sisa jabatannya. 

Selain itu Jokowi meminta kepala daerah tak ragu menganggarkan dana untuk pembangunan. Kepala daerah harus memberikan warisan baik.


(ALB)