Urus Paspor, ke MPP Saja

Amaluddin    •    Selasa, 07 Nov 2017 20:38 WIB
pelayanan publik
Urus Paspor, ke MPP Saja
Mal Pelayanan Publik di Gedung Siola, Surabaya. (MTVN/Amal).

Metrotvnews.com, Surabaya: Masyarakat Surabaya tak perlu mendatangi kantor Imigrasi Surabaya untuk membuat paspor. Sebab, Di Mal Pelayanan Publik (MPP), pihak Imgrasi akan membuka pelayanannya di MPP di Gedung Siola, Surabaya.

“Layanan pengurusan paspor nantinya tinggal ke MPP Saja, nanti akan resmikan 10 November mendatang,” kata Kepala Kantor Imigrasi Klas 1 Khusus Surabaya, Tarmin Satiawan, dikonfirmasi, Selasa, 7 November 2017.

Tarmin memastikan pelayanan pembuatan paspor di MPP bakal lebih mudah dibandingkan di tempat lain, lantaran akan ada integrasi data. Sehingga, kata dia, pemohon tidak perlu lagi mengumpulkan banyak berkas secara fisik, karena akan ada pelayanan yang sifatnya online dan terintegrasi.

“Kini kerjasama pelayanan itu tengah dimatangkan oleh Imigrasi bersama Pemkot Surabaya, agar proses pelayanan imigras bisa dipercepat,” ujarnya.

Menurut Tarmin, pelayanan imigrasi itu bukan hanya untuk warga Surabaya saja, juga untuk warga luar Surabaya. “Namun untuk warga Surabaya nanti prosesnya lebih cepat, sebab ada integrasi data kependudukan dari Dispendukcapil," katanya.

MPP Surabaya terdapat 154 jenis perizinan pelayanan publik. Ratusan jenis perizinan itu terdiri dari 20 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Surabaya dan dua instansi lainnya, yakni PDAM dan Polrestabes Surabaya.


(ALB)