Sintung Ramaikan Penyambutan Jokowi di Ponpes Annuqayah Sumenep

Rahmatullah    •    Minggu, 08 Oct 2017 11:34 WIB
presiden jokowi
Sintung Ramaikan Penyambutan Jokowi di Ponpes Annuqayah Sumenep
Penampilan musik Sintung, musik khas Sumenep, di podium Aula Assyarqawi Sumenep, menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo dan rombongan, MTVN - Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Musik tradisional Sintung menggema di aula Assyarqawi Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-guluk Sumenep, Jawa Timur. Mereka menampilkan performa terbaik untuk menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo.

Presiden tengah dalam perjalanan menuju Bandara Trunojoyo Sumenep, Minggu 8 Oktober 2017. Setelah itu Presiden mendatangi Pesantren Annuqayah.

Presiden bakal menghadiri peringatan Hari Perdamaian Internasional yang digelar UN Women dan Wahid Foundation. Di acara tersebut, Presiden bakal bertatap muka dengan ribuan perempuan yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Presiden juga rencananya bakal meresmikan Kampung Damai di Sumenep.

Nurul Hidayati, peserta acara, berharap mendapatkan pengetahuan baru dari kegiatan tersebut. Sebab, ia menilai masih ada masyarakat yang memandang kaum perempuan sebelah mata.

"Jelas sekali acara ini akan mengedukasi kami, sehingga kami bisa semakin kuat," Nurul. 

Nurul pun berharap pemerintah memerhatikan potensi perempuan untuk mengembangkan perekonomian negara. Namun potensi itu bisa saja tertutup bila perempuan masih menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga.

Adapun Sintung merupakan rangkaian musik tradisional khas Sumenep. Musiknya terdiri dari bebunyian yang berasal dari tabuhan gendang dan rebana. 

 Pemain Sintung terdiri dari laki-laki. Mereka berpakaian serba hitam dan melantunkan salawat sambil memainkan alat musik masing-masing. 


(RRN)