KPU Sumenep belum Terima Salinan Berkas Pendaftaran Parpol

Rahmatullah    •    Selasa, 03 Oct 2017 12:55 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
KPU Sumenep belum Terima Salinan Berkas Pendaftaran Parpol
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Sumenep: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur, belum menerima salinan berkas pendaftaran partai politik calon peserta pemilu 2019. KPU Sumenep mengaku hanya menerima salinan berkas dari pengurus daerah, karena pendaftaran Parpol tersentral di KPU RI.

“Pendaftarannya sejak hari ini hingga tanggal 16 Oktober. Dan kita hanya menunggu orang mendaftar,” jelas Komisioner KPU Sumenep, A. Zubaidi, Selasa 10 Oktober 2017.

Salinan berkas yang harus disetor pengurus partai di daerah berupa struktur kepengurusan, kepemilikan kantor, keterwakilan perempuan, keanggotaan yang dibuktikan dengan kartu tanda anggota (KTA) dan sejumlah berkas lain.

“KTA dibuktikan dengan KTP elektronik. Kita tidak bisa menerima KTP manual. Kalau ada anggota partai tidak punya KTP elektronik, bisa menggunakan surat keterangan dari dinas terkait,”  lanjutnya.

Setelah menerima salinan berkas, KPU bakal meneliti kelengkapan dan kebenaran semua berkas tersebut. Penelitian itu dilakukan saat itu juga. Jika ada kekurangan berkas, partai diminta untuk segera melengkapinya.

Selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi faktual untuk partai baru atas berkas yang diberikan. Sementara partai lama atau peserta pemilu 2014, Zubaidi memastikan tidak akan diverifikasi ulang.

Dia tidak mau memprediksi kapan partai-partai di Sumenep menyerahkan salinan berkas tersebut. Sebab hari ini merupakan hari pertama pendaftaran, dan sisa waktu pendaftaran masih lama.


(SUR)