Dapat Nomor Antrean 13, Warga Menunggu 3 Jam di Dispendukcapil

Nurul Hidayat    •    Rabu, 22 Nov 2017 11:24 WIB
e-ktp
Dapat Nomor Antrean 13, Warga Menunggu 3 Jam di Dispendukcapil
Antrean warga pemohon KTP-el di Dispendukcapil Jombang, Rabu, 22 November 2017, MTVN - Nurul Hidayat

Jombang: Antrean tampak di Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil Jombang, Jawa Timur, Rabu 22 November 2017. Antrean sedari dini hari. 

Bukan hanya dalam ruang tunggu, antrean berjubel hingga keluar kantor. Beberapa warga duduk di halaman kantor sambil menunggu nomor antrean yang dipegang masing-masing dipanggil petugas. 

Rukmila, warga Kecamatan Wonosalam, mengaku datang sekitar pukul 05.00 WIB. Dengan demikian, ia berharap bisa mendapatkan nomor antrean terdepan.

Setibanya di kantor yang berlokasi di Jalan KH Wahid Hasym, warga ternyata sudah berdatangan. Mereka bermaksud mendaftarkan data untuk mendapatkan KTP elektronik (KTP-el). 

"Kabarnya, kalau datang siang, tidak kebagian nomor antrean sehingga harus datang pagi-pagi," ujar Rukmila.

Akhirnya, Rukmila mendapatkan nomor antrean 13. Ia harus menunggu selama tiga jam untuk mendapatkan giliran mendaftarkan data.

Senada dengan itu, Samiji, warga Kecamatan Kabuh, juga datang pagi-pagi. Sejak pukul 04.00 WIB, ia sudah nongkrong di Kantor Dispendukcapil Jombang. Ia bermaksud memproses administrasi kependudukan untuk pindah domisili.

"Pekan depan harus berangkat ke Kalimantan untuk kerja di sana. Saya pindah bersama keluarga," kata Sarmiji.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jombang, Achmad Sjarifudin, mengatakan masyarakat tak perlu datang sedari pagi. Sebab petugas akan melayani permohonan sesuai jam kerja.

"Jam kerja kita mulai jam 08.00 hingga 15.00. Jadi warga tidak perlu berangkat pagi, semua pasti terlayani. Jika masyarakat tertib dalam antrean, pasti prosesnya cepat," tegasnya.


(RRN)