Pemohon KTP-el Jombang tak Perlu Khawatir Kehabisan Blangko

Nurul Hidayat    •    Kamis, 23 Nov 2017 12:12 WIB
e-ktp
Pemohon KTP-el Jombang tak Perlu Khawatir Kehabisan Blangko
Anteran warga pemohon KTP-el di Dispendukcapil Jombang, Rabu, 22 November 2017, MTVN - Nurul Hidayat

Jombang: Pemohon KTP elektronik (KTP-el) di Jombang, Jawa Timur, tak perlu khawatir kehabisan blangko. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jombang menjamin semua pemohon mendapat blangko.

Kepala Dispendukcapil Jombang Achmad Sjarifudin mengatakan stok yang tersedia sebanyak 4.754 keping. Setiap bulan, Jombang mendapatkan kiriman blangko tambahan dari pusat. Ia mencontohkan, dalam kurun waktu Juli hingga Oktober 2017, Dispendukcapil Jombang mendapat kiriman 2 ribu keping. 

"Jadi warga tak perlu khawatir kehabisan blangko," kata Sjarifudin di Jombang, Kamis, 23 November 2017.

Sjarifudin meminta warga tak datang ke kantor di Jalan KH Wahid Hasyim itu pagi-pagi. Kantor mulai beroperasi pukul 08.00 WIB.

Dispendukcapil, lanjutnya, memprioritaskan pemohon yang membawa undangan dan rekomendasi dari kelurahan atau kecamatan. Warga yang mendapat undangan sebaiknya mendatangi kantor Dispendukcapil sesuai tanggal dan hari.

"Kami juga melayani pemohon yang mengantongi surat rekomendasi. Dalam sehari, kami melayani 306 pemohon dari yang membawa rekomendasi," ujar Sjarifudin.

Namun petugas juga melayani pemohon yang datang tanpa surat rekomendasi maupun undangan. Asalkan, pemohon tertib dan mengantongi berkas.

"Sebenarnya untuk proses pengurusan memakan waktu tidak lebih dari 30 menit," ujar Sjarifudin.


(RRN)