Sumenep Gelar Festival Batik On The Sea

Rahmatullah    •    Minggu, 25 Feb 2018 17:29 WIB
batik
Sumenep Gelar Festival Batik <i>On The Sea</i>
Suasana Festival Batik On The Sea di Sumenep – Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar Festival Batik On The Sea di Pantai Lombang, Sumenep Jawa Timur, Minggu, 25 Februari 2018. Pemkab Sumenep menjadikan kegiatan tersebut sebagai rangkaian program visit year 2018.

Ratusan peserta dari empat kabupaten di Madura ikut andil kegiatan tersebut. Mereka memamerkan busana di atas catwalk yang terbuat dari bahan bambu yang dipasang di atas air laut. Ada empat juri yang disiapkan panitia, yaitu desainer dari Jakarta dan Surabaya, Puteri Indonesia Jawa Timur Fatma Ayu, dan artis Okan Cornelius.

Selain diusuguhi busana batik yang diperagakan peserta, ribuanpengunjung juga bisa melihat proses pembuatan batik di stan-stan yang berjejer di pinggir pantai.

Pantia juga mengundang fotografer, baik dari dalam dan luar Madura, untuk menunjukkan kepiawannya dalam menekan tombol kamera. Objek foto yang dilombakan adalah peserta fashion.

Sebelum kegiatan dimulai, pengunjung Pantai Lombang disuguhi tarian tradisional. Semua penari mengenakan busana batik diiringi musik jaz kontemporer.

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, mengatakan kegiatan tersebut merupakan cara mengenalkan batik khas Sumenep ke publik. Katanya, batik karya orang Sumenep sudah saatnya go internasional, sebab kualitas batik Sumenep diyakini mampu bersaing dengan hasil pembatik daerah lain.

“Akses pemasaran batik Sumenep ke depan tidak hanya di nasional. Tetapi sudah harus internasional,” ungkapnya.

Busyro mengaku sengaja meletakkan kegiatan tersebut di wilayah pantai, karena Sumenep juga dikenal dengan hamparan lautnya. Dia ingin mengkolaborasikan kegiatan tersebut dengan potensi ekonomi dari hasil laut seperti migas, rumput laut dan ikan. Kata dia, membatik tidak hanya untuk mengisi waktu, tapi juga untuk memberdayakan perekonomian warga.


(ALB)