Tim Hukum Khofifah-Emil Pertanyakan Pemasangan APK di Lahan Pribadi

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 27 Feb 2018 07:55 WIB
pilgub jatim 2018
Tim Hukum Khofifah-Emil Pertanyakan Pemasangan APK di Lahan Pribadi
Ilustrasi Pilkada Jatim, Medcom.id - M Rizal

Surabaya: Tim hukum dan advokasi pasangan nomor urut 1 di Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim pada Senin, 26 Oktober 2018. Mereka memprotes penertiban alat peraga kampanye (APK) pasangan calon Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di Situbondo dan Banyuwangi.

Hadi Mulyo Utomo, anggota tim, mengaku mendapat keluhan dari relawan mengenai penertiban APK di dua kabupaten tersebut. Sebab, lokasi pemasangan APK berada di wilayah private.

"AOK itu kan dipasang di wilayah private. Yaitu di pekarangan rumah milik relawan kami. Tapi diturunkan dengan alasa tanpa persetujaun KPU," ujar Hadi di Surabaya.

Lantaran itu, Hadi berkonsultasi dengan Bawaslu mengenai pemasangan APK di wilayah pribadi. "Kami ingin minta klarifikasi Bawaslu untuk menemukan komitemen bersama," jelasnya.

Hadi mengatakan ia dan timnya berkomitmen menciptakan suasana Pilgub yang nyaman dan tertib. Sehingga ia berharap Bawaslu dan KPU dapat menjawab klarifikasi tersebut.


(RRN)