Cerita Hadi Bersihkan Sampah di Sungai

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 12 Dec 2018 20:21 WIB
lingkungan
Cerita Hadi Bersihkan Sampah di Sungai
Warga di sekitar Sungai Gedangan, Sidoarjo, membersihkan sampah yang menumpuk, Medcom.id - Hadi

Sidoarjo: Hadi Mulyo, 65, menggiring sampah yang menumpuk di Sungai Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Hanya berbekal kayu, ia menyingkirkan sampah agar tak menghambat aliran sungai.

Ada sampah plastik, rumah tangga, juga enceng gondok. Tumpukan sampah tak hanya muncul di permukaan, tapi juga mengendap di dasar sungai.

"Dua hari sekali saya bersihkan. Kadang kalau pas enggak hujan, sorenya juga dibersihkan," kata Hadi saat Medcom.id berkunjung, Rabu, 12 November 2018.

Bersama warga lain, Hadi mengalirkan sampah yang menumpuk di sekitar rumahnya. Ia menyodok dan mengayunkan kayu ke sampah.

Sebenarnya, kata Hadi sambil bekerja, ada dua petugas dari Dinas Pengairan Sidoarjo yang membersihkan sungai. Tapi mereka hanya berdua. 

"Kasihan mereka, mana mampu mengurusi sepanjang sungai. Warga harus punya inisiatif, saling membantu. Kalau bersih, yang enak kan juga masyarakatnya," ungkap Hadi yang tinggal tak jauh dari sungai.

Hadi mengaku banyak warga yang buang sampah seenaknya. Sampahnya macam-macam. Ada warga setempat, ada pula warga desa lain.

Belum rampung masalahnya, sampah kiriman datang dari hulu yang letaknya di perbatasan kawasan Sungai Balongbendo. Sementara Sungai Gedangan berlokasi di kawasan hilir sehingga kerap mendapat aliran sampah dari hulu.

"Kasihan yang di bawah atau hilir. Menerima sampahnya saja. Apalagi sampahnya seperti itu, belum lagi baunya," lanjut Hadi.

Normalisasi sungai pernah dilakukan. Tapi belum setahun, pendangkalan kembali terjadi. Meski demikian, Hadi berharap pemerintah terus memberikan edukasi pada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan.



(RRN)