Dua Pasang Suami Istri Ditangkap karena Diduga Simpan Bom

Syaikhul Hadi    •    Senin, 14 May 2018 14:11 WIB
Teror Bom di Surabaya
Dua Pasang Suami Istri Ditangkap karena Diduga Simpan Bom
Ilustrasi penangkapan, Medcom.id - M Rizal

Sidoarjo: Empat orang terduga teroris diamankan dalam penggerebekan sebuah rumah di dusun Jedong, Kelurahan Urangagung Kecamatan Kota Sidoarjo. Keempatnya merupakan pasangan suami istri yang diduga menyimpan bahan-bahan peledak. 

Baca: Dua Lokasi di Sidoarjo Digerebek Densus 88

Kapolresta Sidoarjo Kombes Himawan Bayu Aji mengatakan penggerebekan yang dilakukan tim densus 88 merupakan serangkaian dari penyelidikan terkait terorisme di Surabaya dan Sidoarjo. 

"Kegiatan ini merupakan rangkaian dari penyelidikan tim densus 88 terkait insiden di Taman, kemarin. Empat orang sudah kami amankan," ujar Kombes Pol Himawan Bayu Aji, Senin, 14 Mei 2018. 

Tak hanya itu, petugas kepolisian juga melakukan disposal (cerai berai) yang diduga bom. Meski begitu, pihaknya masih belum bisa membeberkan banyak terkait insiden ini lantaran masih dilakukan penyelidikan mendalam. 

"Ada satu (bom) sementara yang dihancurkan. Kejadian ini masih dilakukan pemeriksaan oleh Densus dan nanti akan disampaikan kepada petugas yang ada di wilayah masing-masing," kata Himawan. 

Himawan menilai aksi terorisme itu merupakan serangkaian yang dijadikan satu untuk dilakukan pengeboman. Meski begitu, pihaknya meminta agar masyarakat tetap tenang. Karena hingga saat ini, pihak kepolisian masih bekerja untuk menghentikan aksi terorisme susulan. 

"Bom sudah disposal, untuk contoh bomnya masih dibawa tim penjinak bom untuk dilakukan penyelidikan mendalam," tegasnya. 

Selain keempat terduga, polisi juga mengamankan beberapa kendaraan bermotor dan handphone. "Terkait ini jaringan (komplotan) siapa, masih dilakukan pendalaman. Apakah ada hubungannya atau tidak dengan yang jaringan kemarin. Atau bisa jadi jaringan baru, tunggu dulu," pungkasnya. 



(RRN)