Mantan Kajati Jatim Masuk NasDem

Amaluddin    •    Sabtu, 29 Sep 2018 19:17 WIB
pilegpilpres 2019
Mantan Kajati Jatim Masuk NasDem
Mantan Kejati Jatim sekaligus politisi Partai NasDem, Maruli Hutagalung. (Medcom.id/Amal).

Surabaya: Slogan Partai NasDem soal politik tanpa mahar membuat tertarik banyak politikus untuk bergabung. Salah satunya mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, Maruli Hutagalung.

"Partai ini tanpa mahar, tidak transaksional. Saya tidak mengeluarkan sepeser pun uang untuk mengurus pencalegan," kata Maruli, di Surabaya, Sabtu, 29 September 2018.

Bukan hanya itu saja, Maruli menilai Partai NasDem komitmen dalam pemberantasan korupsi. Kata Maruli, komitmen itu sesuai dengan slogannya maju sebagai caleg dari Partai NasDem, yakni berani berantas korupsi.

"Makanya saya maju dari NasDem karena NasDem komitmen memberantas korupsi," katanya.

Maruli menegaskan bahwa komitmen tanpa mahar menjadi fondasi bagi terciptanya politik yang jujur dan transparan. Sehingga bisa melahirkan sistem demokrasi yang sehat.

"Jadi saya rasa kurang tepat jika orang masuk NasDem karena ditransaksikan dengan pengusutan sebuah perkara hukum,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Maruli juga membantah tudingan Partai Demokrat bahwa banyak orang pindah ke Partai NasDem karena takut terkena hukum. Maruli menegaskan bahwa NasDem tak pernah menggunakan instrumen penegakan hukum untuk kepentingan politik. 

"Kalau soal ada yang masuk ke Partai NasDem, ya itu pilihan politik. Jadi jangan karena kadernya pindah, terus marah-marah menuding yang tidak-tidak. Bisa jadi karena banyak yg melihat bahwa NasDem ini konsisten membangun bangsa dengan total mendukung Pak Jokowi. Dari sana banyak yg simpati dan akhirnya masuk NasDem,” kata Maruli.


(ALB)