Pelamar CPNS Hanya Bisa Pilih Satu Posisi

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 19 Sep 2018 18:52 WIB
seleksi cpns
Pelamar CPNS Hanya Bisa Pilih Satu Posisi
Sekdaprov Jatim, Jumadi didampingi Kepala BKD Provinsi Jawa Timur Anom Suharno. Medcom.id/Syaikhul Hadi

Surabaya: Pelamar Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 hanya bisa mendaftar di satu instansi dengan formasi satu jabatan. Pemerintah hanya memberi keleluasaan bagi pendaftar mendaftar melalui kabupaten/kota, provinsi maupun kementerian.

Pelamar yang mendaftar dua kali atau terpaksa mengisi dua jabatan akan tertolak oleh sistem yang sudah diterapkan pemerintah. Pejabat sementara (Pjs) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Jumadi berharap pelamar seleksi CPNS memahami sistem dan aturan yang ada sebelum seleksi dibuka serentak pada 26 September 2018.

"Semuanya sudah menggunakan online. Mulai pendaftaran hingga pelaksanaannya nanti. Mereka yang sudah mendaftar, maka sudah masuk di database pusat. Jadi, tidak bisa melakukan pendaftaran dua kali atau mengisi jabatan dua formasi," jelas Jumadi di Gedung Pemprov Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Rabu, 19 September 2018.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka sebanyak 2.065 formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Sedangkan total secara keseluruhan untuk formasi se-Jawa Timur sebanyak 16.276 CPNS. Namun, dari 38 Kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur, hanya Kediri yang tidak mendapatkan formasi CPNS.

Jawa Timur paling banyak membuka lowongan tenaga pendidik (guru) yakni sebanyak 826 formasi disusul tenaga kesehatan (797 formasi). Sebanyak 442 formasi lainnya akan ditempatkan di tenaga teknis. Namun, untuk eks tenaga honorer Kategori II kosong.

"Eks tenaga honorer Kategori II merupakan tenaga honorer yang terdaftar dalam database badan kepegawaian Negara dan memenuhi persyaratan perundang-undangan. Di antaranya, usia paling tinggi 35 tahun, dan masih aktif," jelasnya.

Pemprov Jatim hanya berperan membantu dalam penyelenggaraan penerimaan CPNS 2018. Seleksi dilakukan Badan Kepegawaian Negara.

"Bagi warga masyarakat yang akan mendaftar bisa langsung mengakses website http://BKD.jatimprov.go.id/ dan https://sscn.bkn.go.id. Untuk jadwal dan tempat mungkin bisa dilihat di situ," kata dia.

Pemprov sudah menyiapkan 1000 komputer yang akan dibagi di dua tempat di Surabaya. Seleksi dilakukan bergelombang. Seluruh pertanyaan seleksi juga berbeda-beda walau bersebelahan.


 


(SUR)