Polisi Sita Ribuan Batang Rokok Ilegal

Kusbandono    •    Kamis, 24 May 2018 15:58 WIB
rokok ilegal
Polisi Sita Ribuan Batang Rokok Ilegal
Tersangka dan barang bukti rokok ilegal dalam Pers release Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Kamis 24 Mei 2018.

Jember: Polres Jember, Jawa Timur menyita ribuan bungkus dari 10 merek rokok tanpa cukai yang dikemas ke 500 pres. Seorang pria turut ditangkap saat mengedarkan rokok tersebut ke warung-warung.

Polres Jember menyita ribuan batang rokok illegal. Barang bukti rokok tanpa cukai tersebut diamankan dari seorang penjual rokok yang sedang menjual barang dagangannya di warung-warung.

“Kita menangkap seorang Warga Semboro, yang telah menjual rokok tanpa cukai. Tersangka telah menjual rokok tersebut selama 3 sampai 4 bulanan ini,” ujar Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo saat rilis di Mapolres Jember, Kamis pagi 24 Mei 2018.

Kusworo menjelaskan, tersangka atas nama Maddillah,40, warga Dusun Jatian, Desa Pondokdalem, Kecamatan Semboro itu ditangkap saat menjajakan rokoknya ke warung kelontong di wilayah Jember.

“Ini berkat informasi dari masyarakat, kasus langsung didalami oleh Polsek Semboro. Setelah dikembangkan, di rumah tersangka ditemukan sebanyak 578 pres rokok tanpa cukai,” jelas Kusworo.

Tersangka mengaku mendapat rokok tanpa cukai tersebut dari 3 pemasok. Saat ini Polres Jember masih mendalami kasus itu dengan berkoordinasi dengan pihak Direktorat Jendral Bea dan Cukai Kanwil Jawa Timur.

Rokok tanpa cukai terdiri dari berbagai macam merek. Diantaranya Robicon 400 pres, CBR Tali Agung 50 pres, Luxio 35 pres, Marqo 32 pres, SMD 24 pres, Inter Premium 13 pres, Grand Premium 8 pres, ST Premium 6 pres, YS Promild 8 pres, dan Blod 2 pres.

Dengan tindakan tersebut, tersangka terancam dengan UU Nomor 39 tahun 2007, tentang perubahan atas UU Nomor 11 tahun 1995 tentang cukai. 

“Ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tegas Kusworo.


(ALB)