Ratusan Makam di Jombang Salah Arah Turun Temurun

Amir Zakky    •    Rabu, 25 May 2016 17:19 WIB
pemakaman
Ratusan Makam di Jombang Salah Arah Turun Temurun
Ratusan makam di Jombang salah arah, Metrotv - Amir Zakky

Metrotvnews.com, Jombang: Ratusan makam umat Islam di Desa Sumber Gedang, Kecamatan Kabuh, Jombang, Jawa Timur, salah arah. Bahkan, kesalahan itu terjadi secara turun temurun.

Ratusan makam mengarah dari barat ke timur. Padahal, menurut aturan Islam, makam lazimnya membujur dari utara ke selatan.


(Petugas mengecek arah makam di Jombang, Metrotv - Amir Zakky)

Sarin, juru kunci makam, mengatakan 'kesalahan' itu terjadi sejak lama. Namun warga setempat tak pernah mempermasalahkan hal tersebut.

"Udah dari dulu ya kayak begitu. Saya juga tidak mengerti," kata Sarin di tempat pemakaman umum Desa Sumber Gedang, Rabu (25/5/2016).


(Sarin, juru kunci makam di Jombang, Metrotv - Amir Zakky)

Danramil Kabuh Kapten Arm Pujiono mengakui kesalahan itu ditemukan setelah timnya melakukan pengecekan. Tim memastikan kesalahan arah itu dengan memanfaatkan kompas.

"Kami menggunakan kompas, ternyata banyak (makam) yang salah arah. Kami akan berkoordinasi dengan MUI dan tokoh masyarakat setempat soal tindak lanjutnya," kata Pujiono.

Pujiono mengatakan akan meluruskan arah makam sesuai dengan aturan Islam. Sehingga, kesalahan yang sama tak lagi berulang. Namun, tindakan itu dilakukan bila telah mendapat rekomendasi dari pejabat setempat. 


(RRN)