Jatim Bakal Diguyur Hujan Hingga 4 Bulan ke Depan

Amaluddin    •    Senin, 26 Sep 2016 13:51 WIB
cuaca buruk
Jatim Bakal Diguyur Hujan Hingga 4 Bulan ke Depan
Awan tebal menyelimuti perairan Sumenep, Jawa Timur, Rabu (29/6/2016). Foto: Antara/Saiful Bahri

Metrotvnews.com, Surabaya: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan akan terjadi di wilayah Jawa Timur hingga empat bulan ke depan, yakni September hingga Desember 2016.

Puncak musim hujan di Jatim diperkirakan terjadi pada Oktober hingga November 2016. September ini merupakan masa peralihan musim kemarau ke musim hujan.

"Intensitas hujan yang tinggi akan berdampak pada banjir bandang di beberapa daerah di Jatim, seperti di Probolinggo, Situbondo, dan Bojonegoro," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Sudharmawan, kepada Metrotvnews.com, Senin (26/9/2016).

Ia meminta masyarakat tetap tenang dan waspada. "Kita sekarang memasuki musim kemarau basah. Ini dampak dari La Nina. Oktober hingga Januari 2017 merupakan bulan yang perlu kewaspadaan," kata dia.

Sudharmawan meminta pemerintah daerah mengecek secara rutin hulu-hulu sungai dan alat pendeteksi bencana. "Pemda harus mengembangkan desa tanggap bencana. Pada dasarnya," ujarnya.

BPBD Jatim menyiapkan strategi untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam. Di antaranya, menyiapkan peralatan dan logistik di masing-masing daerah. BPBD juga menyiapkan jalur evakuasi dan lokasi evakuasi. Kemudian kesiapsiagaan, peringatan dini secara berkala, dan rencana antisipasi tanggap darurat menjadi rencana operasi.

"Kami memberikan catatan kepada BPBD dan masyarakat di daerah untuk meningkatkan kesiagaan dan kewaspadaan berkaitan dengan musim hujan," katanya.

 


(UWA)