Dua Dusun di Sidoarjo Masih Terendam Banjir

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 23 Jan 2019 18:05 WIB
bencana longsorbencana banjir
Dua Dusun di Sidoarjo Masih Terendam Banjir
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Sidoarjo: Dua dusun di kawasan Desa Pesawahan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur masih tergenang banjir. Banjir dengan ketinggian 50 sentimeter ini menggenangi puluhan rumah warga.

Dua dusun terdampak di antaranya, dusun Pesawahan dan dusun Bendungan. Beberapa hari dilanda hujan deras membuat genangan kian tinggi. Bahkan, genangan masuk ke rumah warga. 

"Meski banjir, tapi warga tidak ada yang mengungsi. Warga masih bertahan dirumahnya masing-masing," kata Ketua Forum BPD Desa Pesawahan, Mochammad Mundzir saat dihubungi, Rabu, 23 Januari 2019.

Mundzir menjelaskan, banjir seperti ini kerap terjadi saat musim hujan. Letak desa yang berdekatan dengan sungai avour menyebabkan air mengalir ke jalan desa hingga perumahan warga.

"Hampir 70 persen genangan air sudah masuk ke halaman hingga rumah warga. Tapi aktifitas warga masih tetap seperti biasanya," jelas Mundzir.

Sejatinya kondisi seperti ini seakan menjadi langganan pada tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, tahun kemarin, hampir 90 persen banjir menggenangi dua dusun tersebut.

"Sampai warga banyak yang mengungsi," pungkas Mundzir.


(DEN)