PDAM Bangkalan Jemput Bola Tagih Tunggakan Pelanggan

Antara    •    Senin, 21 Nov 2016 07:00 WIB
pdam
PDAM Bangkalan Jemput Bola Tagih Tunggakan Pelanggan
Ilustrasi meteran air/MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Bangkalan: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur, berupaya menekan tunggakan pembayaran rekening pelanggan dengan menerapkan sistem jemput bola. Strategi ini diklaim cukup berhasil.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PDAM Kabupaten Bangkalan Andang Pradana mengatakan, saat ini tunggakan tagihan rekening pelanggan di wilayahnya hanya Rp400 juta. Angka ini jauh turun ketimbang awal 2016 yang mencapai Rp1 miliar.

"Kami akan terus berupaya untuk menekan jumlah tunggakan ini, dan diharapkan sebelum tutup tahun sudah tidak ada lagi tunggakan," kata dia di Bangkalan, Senin (21/11/2016).

Andang menegaskan, pihaknya akan memberi sanksi tegas bagi pelanggan nakal. Mereka akan menyegel meteran ait pelanggan yang tidak mau membayar tunggakan sesuai ketentuan.

Pelanggan PDAM di Kabupaten Bangkalan tercatat sebanyak 7.742 unit pelanggan dengan rincian 7.181 unit pelanggan domestik, 554 unit pelanggan non domestik. Kapasitas air pun telah ditambah melalui pengeboran di sejumlah titik.

"Ini dimaksudkan guna memaksimalkan layanan, agar kebutuhan air bersih di Kabupaten Bangkalan ini bisa terpenuhi dan tidak ada keluhan lagi dari masyarakat," ujar dia.

Selain karena kebutuhan air meningkat, penambahan kapasitas air juga dilakukan karena jumlah penduduk setiap tahun terus meningkat. Pada 2020, penduduk Kota Bangkalan diproyeksikan mencapai 104.386 jiwa, naik dari 2010 yang tercatat 78.562 jiwa.


(OJE)