NU Jatim Bebaskan Nahdliyin Dukung Gus Ipul atau Khofifah

Amaluddin    •    Selasa, 17 Oct 2017 19:20 WIB
pilkada serentakpilgub jatim 2018
NU Jatim Bebaskan Nahdliyin Dukung Gus Ipul atau Khofifah
Ilustrasi. Antara/DIdik Suhartono

Metrotvnews.com, Surabaya: Dua tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa, bakal bertarung di Pilgub Jatim 2018. NU Jatim membebaskan Nahdliyin mendukung calon terbaik.

"NU membebaskan Nahdliyin memutuskan pilihan politiknya. Silakan masyarakat utamanya warga NU menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani masing-masing," kata Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Mutawakkil Alallah, saat dikonfirmasi, Selasa 17 Oktober 2017.

Mutawakkil mengaku tidak mempersoalkan kedua kader NU bakal berbeda gerbong di Pilgub Jatim. Keduanya, kata Mutawakkil, memiliki hak memilih dan dipilih.

(Baca: PDIP Resmi Usung Gus Ipul-Azwar Anas di Pilgub Jatim)

Mutawakkil mengaku tidak berani secara kelembagaan mengeluarkan instruksi ke pengurus NU untuk memilih calon tertentu, guna mengindari perpecahan di tubuh NU.

"Kalau memang ada kiai mengajak atau mewajibkan santrinya untuk memilih calon tertentu, itu haknya," ujarnya.

Mutawakkil pun tak bisa melarang sikap kiai se-Jatim yang menyatakan dukungan untuk Gus Ipul. Dia hanya mengingatkan, NU harus tetap solid. Persaudaraan di tubuh NU tak boleh rusak karena pertarungan di kancah politik.

(Klik: PKB Restui Pasangan Gus Ipul-Azwar Anas)

Mutawakkil mengingatkan agar Khofifah dan Gus Ipul sama-sama melepas jabatan di struktur pengurus NU saat resmi berkontestasi di Pilgub Jatim nanti.

"Aturan ini berlaku kepada tim sukses keduanya. Harus cuti dari kepengurusan dulu," ujar Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, ini,

Saifullah Yusuf alias Gus Ipul telah resmi diusung PDIP dan PKB sebagai calon Gubernur Jatim, berpasangan dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Sedangkan Khofifah disebut-sebut akan diusung oleh koalisi Golkar-Nasdem-Demokrat. Di NU, Khofifah adalah Ketua Umum Muslimat, sementara Gus Ipul salah satu Ketua PBNU.

(Baca: Khofifah Pastikan Lapor Presiden jika Nyagub di Jatim)
 


(SUR)