Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Nganjuk Ditetapkan Sebagai Tersangka

Syaikhul Hadi    •    Senin, 02 Oct 2017 15:47 WIB
korupsi
Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Nganjuk Ditetapkan Sebagai Tersangka
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Surabaya: Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Totok. P ditetapkan sebagai tersangka kasus duagaan suap proyek pengadaan benih pokok dan sebar bawang merah pada 2017. Peran Totok dalam kasus ini adalah sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

"Dalam operandinya, tersangka meminta fee sebesar 7,5 persen dari nilai kontrak sebesar Rp6 miliar. Total fee sekitar Rp450 juta," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Irawan di Surabaya, Senin 2 Oktober 2017.

(Baca: Suap Pejabat Nganjuk terkait Pengadaan Benih Bawang Rp6 M)

Menurut Irawan, barang bukti yang berhasil diamankan hingga saat ini berupa uang tunai senilai Rp317.700.000, tiga ponsel, dan dokumen kontrak pengadaan benih pokok dan sebar bawang merah. "Kami akan terus melakukan pengembangan," tandasnya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 11 dan atau Pasal 12 huruf e UU Nomor 31 Tahun 1999 diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi.

(Baca: Polda Jatim OTT PNS Kabupaten Nganjuk)

Sebelumnya, Totok dicokok saat menerima fee dari salah seorang pegawai bank Jatim Cabang Nganjuk, Besta. Keduanya ditangkap di Warung Zamzam, Jalan Kediri, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada Jumat 29 September 2017.


(NIN)